Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Di Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri IAIN Jember Tahun 2016/2017.

Isro'iyah, Sil Silatil (2017) Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Di Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri IAIN Jember Tahun 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sil Silatil Isro’iyah_084 131 127.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pencak silat merupaka budaya asli indonesia yang patut untuk dilestarikan oleh generasi mudah. Namun masih banyak dari anggota pencak silat yang memanfaatkan keahlian untuk kegiatan negatif dan untuk kepentingan pribadi seperti mencari saudara hanya mencari aman dalam berkelahi, tawuran dan kekerasan. Sebenarnya dalam kegiatan pencak silat tidak hanya di didik sebatas gerak seni, menangkis, memukul, menendang bahkan ada yang beranggapan berlatih silat hanya untuk berkelahi dan tidak ada ajaran yang sesuai dengan pendidikan Islam. Padahal di dalam kegiatan latihan pencak silat mereka di didik untuk tidak menyalahgunakan kemampuan beladiri untuk kegiatan menyimpang dari ajaran pencak silat. Selain itu dalam kegiatan pencak silat juga terdapat penanaman nilai-nilai keislaman seperti nilai-nilai akidah, syariah dan akhlak melalui beberapa aspek seperti aspek mental spirituan, olahraga, beladiri, dan kesenian. Fokus dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana internalisasi nilai-nilai akidah di Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri IAIN Jember, 2). Bagaimana internalisasi nilai-nilai syariah di Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri IAIN Jember, 3). Bagaimana internalisasi nilai-nilai akhlak di Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri IAIN Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mendeskripsikan nilai-nilai akidah di Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri IAIN Jember 2). Untuk mendeskripsikan nilai-nilai syariah di Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri IAIN Jember, 3). Untuk mendeskripsikan nilai-nilai akhlak di Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri IAIN Jember Metode penelitian melibatkan beberapa komponen diantaranya pendekatan dan jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, lokasi penelitian berada di IAIN Jember, sedangkan sumber data yang ingin diperoleh dari pengumpulan-pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis datanya mengunakan analisis data model interaksi Miles dan Hubermen dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu 1). Internalisasi nilai-nilai akidah di Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri IAIN Jember melalui kegiatan istighosah dan hening dalam setiap latian yang dilaksanakan secara berulang-ulang tersebut. 2). Internalisasi nilai-nilai syariah di Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri IAIN Jember melalui mengingatkan untuk sholat isya’ sebelum latian dan kegiatan dibulan ramadhan yaitu buka puasa, taraweh dan tadarus bersama. 3). Internalisasi nilai-nilai akhlak di Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri IAIN Jember melaui latian sikap-sikap dan serang hindar secara berulang-ulang serta kegiatan memiliki rasa solidaritas antar anggota seperti silaturrahmi kerumah pelatih dll.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:53
Last Modified: 02 Mar 2023 08:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19472

Actions (login required)

View Item View Item