Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Religiusitas Peserta Didik di SMA Negeri 2 Genteng Kab. Banyuwangi.

Supraba, Silent Nurmalina (2017) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Religiusitas Peserta Didik di SMA Negeri 2 Genteng Kab. Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Silent Nurmalina Supraba_084131058.pdf

Download (6MB)

Abstract

Guru menempati posisi sentral dalam pendidikan. Dalam hal ini guru memiliki peran untuk senantiasa mengarahkan peserta didiknya dalam rangka meningkatkan kualitas ibadah peserta didik yang sesuai dengan tuntunan AlQur’an dan Hadits. Dalam hal ini guru pendidikan agama Islam tidak hanya memberikan contoh yang baik kepada peserta didiknya. Dalam UU No 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional pada bab XI Tentang Pendidik dan tenaga kependidikan pasal 39 ayat 2 menjelaskan bahwa: Pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bagi pendidik bagi perguruan tinggi. Adapun Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan religiusitas peserta didik pada aspek Hablumminallah di SMA Negeri 2 Genteng Kab. Banyuwangi ? 2) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan religiusitas peserta didik pada aspek Hablumminannas di SMA Negeri 2 Genteng Kab. Banyuwangi ? 3) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan religiusitas peserta didik pada aspek Hablumminal alam di SMA Negeri 2 Genteng Kab. Banyuwangi ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun tehnik yang dipakai dalam pengumpulan data adalah 1) Observasi 2) Wawancara 3) Dokumentasi. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Peran guru pendidikan agama islam dalam menumbuhkan religiusitas peserta didik dalam aspek hablumminallah di SMA Negeri Genteng bahwasanya peserta didik sudah melaksanakan ibadah sholat dan membaca Al-Qur’an. 2) Peran guru pendidikan agama islam dalam menumbuhkan religiusitas peserta didik dalam aspek hablumminannas di SMA Negeri 2 Genteng sudah dari dulu menerapkan 3S (salam, senyum, sapa). 3) Peran guru pendidikan agama islam dalam menumbuhkan religiusitas peserta didik dalam aspek hablumminal alam di SMA Negeri 2 Genteng diketahui bahwasanya sebagian peserta didik dengan kepedulian akan kebersihan lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:53
Last Modified: 02 Mar 2023 08:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19473

Actions (login required)

View Item View Item