Eksistensi majelis taklim Muslimat Aizziyah dalam membina pengamalan ibadah pada perempuan di Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember.

Azizah, Siti Nur (2017) Eksistensi majelis taklim Muslimat Aizziyah dalam membina pengamalan ibadah pada perempuan di Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Nur Azizah_084 131 246.pdf

Download (4MB)

Abstract

Majelis taklim bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaaan kepada Allah SWT dan akhlak mulia bagi jamaahnya. Adapun kedudukan majelis taklim secara sosiologis bukan hanya sekedar tempat berkumpulnya kaum ibu-ibu melainkan mempunyai nilai teologis yang akan memberikan pengetahuan, pengahayatan dan bimbingan perilaku untuk melaksanakan nilai-nilai luhur Islam. Keberadaan majelis taklim Muslimat Aizziyah dapat membina dalam melaksanakan ibadah khasshah dan ammah pada perempuan Sumberbaru agar bisa mengamalkan ajaran-ajaran Islam dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Fokus penelitian: 1) Bagaimana eksistensi majelis taklim Muslimat Aizziyah dalam membina pengamalan ibadah khasshah pada perempuan di Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember? 2) Bagaimana eksistensi majelis taklim Muslimat Aizziyah dalam membina pengamalan ibadah ammah pada perempuan di Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember? Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan eksistensi majelis taklim Muslimat Aizziyah dalam membina pengamalan ibadah khasshah pada perempuan di Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember. 2) Mendeskripsikan eksistensi majelis taklim Muslimat Aizziyah dalam membina pengamalan ibadah ammah pada perempuan di Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember. Peneliti menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode penentuan subyek penelitian secara Purposive. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data secara interaktif model Milles and Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Hasil penelitian ini: 1) Eksistensi majelis taklim Muslimat Aizziyah dalam membina pengamalan ibadah khasshah pada perempuan dengan cara mendatangkan penda’i atau nara sumber dengan metode ceramah dan praktek sholat dan diberikan materi yang berbentuk lembaran-lembaran seperi do’a-do’a sholat qobliyah, bakdiyah, tahajjud dan dhuha serta rukun dan syarat sholat, zakat, puasa dan haji. Keberadaan majelis taklim Muslimat Aizziyah bertujuan agar para anggota dalam melaksanakan ibadah khasshah sesuai dengan apa yang diajarkan Rasulullah SAW. 2) Eksistensi majelis taklim Musimat Aizziyah dalam membina pengamalan ibadah Ammah pada perempuan melalui metode ceramah seperti pengajian yang dilakukan oleh pengurus ubudiyah sendiri, dan materi tidak berbentuk lembaran seperti ibadah khasshah namun da’i hanya memberikan materi malalui ceramah, untuk prakteknya ibadah Ammah diaplikasikan langsung dilapangan seperti kegiatan menyantuni anak yatim, memberikan hasil sedekah para anggota majelis taklim diberikan kepada kaum dhuafa kegiatan tersebut bersifat insidental serta menolong keluarga ketika ada yang meninggal seperti membantu mengakafani dan memandikan mayat. Tujuan dalam membina ibadah ammah ini agar masyarakat lebih menghargai dan lebih peduli terhadap sesama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:54
Last Modified: 02 Mar 2023 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19477

Actions (login required)

View Item View Item