Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Teorema Pythagoras Ditinjau dari Pemecahan Masalah Polya di Kelas VIII MTs Al-Barokah Annur Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Ardiaynti, Sri Ayu (2019) Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Teorema Pythagoras Ditinjau dari Pemecahan Masalah Polya di Kelas VIII MTs Al-Barokah Annur Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sri Ayu Ardiyanti_T20157011.pdf

Download (12MB)

Abstract

Pemecahan masalah merupakan bagian dari kurikulum matematika yang sangat penting, karena dalam proses pembelajaran maupun penyelesaian masalah tersebut siswa dimungkinkan memperoleh pengalaman menggunakan pengetahuan serta kemampuan yang telah dimiliki untuk diterapkan pada pemecahan masalah yang tidak rutin. Namun masih banyak kesalahan yang dialakukan oleh siswa pada proses pemecahan masalah tersebut sehingga muncul kecurigaan terkait kesulitan yang dialami siswa pada saat proses pemecahan masalah berlangsung. Fokus masalah yang diteliti adalah: 1) Kesulitan apa sajakah yang dialami siswa kelas VIII MTs Al-Barokah Annur Jember saat menyelesaikan soal cerita materi teorema Pythagoras ditinjau dari pemecahan masalah Polya? 2) Faktor apa sajakah yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita materi teorema Pythagoras? Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan kesulitan yang dialami siswa kelas VIII MTs Al-Barokah Annur Jember dalam menyelesaikan soal cerita materi teorema pythagoras berdasarkan teori polya, 2) mendeskripsikan faktor kesulitan yang menyebabkan siswa kelas VIII MTs Al-Barokah Annur Jember mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita materi teorema Pythagoras. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah enam orang siswa kelas VIII B yang mewakili siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Siswa berkemampuan tinggi mengalami kesulitan merencanakan penyelesaian, kesulitan melaksanakan rencana, dan kesulitan menelaah kembali. Siswa berkemampuan sedang mengalami kesulitan memahami soal, kesulitan merencanakan penyelesaian, kesulitan melaksanakan rencana, dan kesulitan menelaah kembali. Sedangkan siswa berkemampuan rendah mengalami kesulitan memahami soal, kesulitan merencanakan penyelesaian, kesulitan melaksanakan, dan kesulitan menelaah kembali. 2) Faktor penyebab dari kesulitan yang dialami oleh siswa adalah siswa tidak memahami maksud dari soal, siswa tidak sepenuhnya paham tentang materi teorema pythagoras, siswa tidak mengerti materi-materi yang terkait dengan materi teorema pythagoras, siswa tidak terampil melakukan perhitungan, siswa tdak mengerti tentang apa yang telah dikerjakannya, siswa tidak menyukai mata pelajaran matematika, dan siswa tidak terbiasa melakukan telaah kembali atas jawaban yang sudah didapatkannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:54
Last Modified: 02 Mar 2023 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19481

Actions (login required)

View Item View Item