Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction (DI) pada Materi Sistem Koordinat Kelas VIIIA SMPI Syafi’iyah Tarokan Banyuanyar Probolinggo Tahun Ajaran 2019/2020

Hasanah, Umniatul (2019) Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction (DI) pada Materi Sistem Koordinat Kelas VIIIA SMPI Syafi’iyah Tarokan Banyuanyar Probolinggo Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Umniatul Hasanah_T20157027.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran Direct Instruction (DI), materi sistem koordinat Perbaikan proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Direct Instruction (DI) perlu dilakukan sebagai salah satu upaya dalam mengembangkan berpikir kritis siswa pada bidang Matematika. Model pembelajaran Direct Instruction (DI)adalah model pembelajaran langsung yang melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran dengan langkah-langkah yang dimulai dari penyampaian tujuan pembelajaran, hingga pemberian latihan-latihan. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran Direct Instruction (DI) pada materi Sistem Koordinat kelas VIIIA SMPI Syafi’iyah Tarokan Banyuanyar Probolinggo tahun ajaran 2019/2020? 2) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran Direct Instruction (DI) pada materi Sistem Koordinat kelas VIII A SMPI Syafi’iyah Tarokan Banyuanyar Probolinggo tahun ajaran 2019/2020? 3) Bagaimana evaluasi model pembelajaran Direct Instruction (DI) pada materi Sistem Koordinat kelas VIII A SMPI Syafi’iyah Tarokan Banyuanyar Probolinggo tahun ajaran 2019/2020? Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaituobservasi, wawancara, dan dokumentasi.Analisis datadalam penelitian ini menggunakan analisis datamenurut Miles, Huberman, dan Saldana diantaranya: Data collection, condensation, display, serta drawing and verification conclution. Uji keabsahan datadalam penelitian ini menggunakan triangulasi, yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah: 1) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu mempersiapkan seluruh perangkat dalam pembelajaran matematika yang menerapkan model pembelajaran Direct Instruction (DI) pada materi sistem koordinat. Perangkat pembelajaran tersebut diantaranya; silabus, RPP, penyusunan instrumen, pengarahan siswa, dan penyusunan evaluasi.2) Pelaksanaan yang dilakukan telah sesuai dengan rencana sebelumnya serta memenuhi sintaks model pembelajaran Direct Instruction (DI) pada materi sistem koordinat kelas VIII A SMP Islam Syafi’iyah Tarokan Banyuanyar Probolinggo . 3) Evaluasi yang dilakukan guru mata pelajaran Matematika menggunakan penilaian pengetahuan, sikap dan spritual yang dimiliki siswa sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Penilaian pengetahuan yang dimaksud guru memberikan latihan-latihan pada sintaks latihan awal, latihan terbimbing dan latihan mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:54
Last Modified: 02 Mar 2023 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19483

Actions (login required)

View Item View Item