Peran Pimpinan Cabang Muhammadiyah Mangli dalam Pembinaan Keagamaan Masyarakat di Mangli Jember

Firdiyanto, Veri (2017) Peran Pimpinan Cabang Muhammadiyah Mangli dalam Pembinaan Keagamaan Masyarakat di Mangli Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Veri Firdiyanto_084 131 134.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengangkatan tema ini dilatar belakangi oleh munculnya beberapa kasus pelanggaran ajaran agama Islam didaerah Jember, terutama Mangli. Beberapa kasus tersebut diantaranya adalah pembuangan bayi dan pengguguran kandungan yang diduga hasil hubungan luar nikah. Dengan adanya Pimpinan Cabang Muhammadiyah Mangli diharapkan dapat berperan untuk membina akidah, akhlak, dan syariat masyarakat. Berdasarkan masalah tersebut maka diangkatlah judul “Peran Pimpinan Cabang Muhammadiyah Mangli dalam Pembinaan Keagamaan Masyarakat di Mangli Tahun 2017.” Fokus penelitian pada skripsi ini ada dua yang disebutkan sebagai berikut. 1.Bagaimana peran Pimpinan Cabang Muhammadiyah Mangli dalam pembinaan keagamaan masyarakat Mangli? 2.Apa saja program Pimpinan Cabang Muhammadiyah Mangli dalam pembinaan keagamaan masyarakat Mangli? Sedangkan Tujuan dari penelitian ini adalah. 1.Untuk mendeskripsikan peran Pimpinan Cabang Muhammadiyah Mangli dalam pembinaan keagamaan masyarakat Mangli. 2.Untuk mendeskripsikan program Pimpinan Cabang Muhammadiyah Mangli dalam pembinaan keagamaan masyarakat Mangli. Metode penelitian pada skripsi ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan dalam menentukan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Sedangkan metode dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan mengambil sumber data dari ketua, anggota, majelis, PRM, dan takmir masjid Pimpinan Cabang Muhammadiyah Mangli. Adapun analisa data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil yang didapat dari penelitian yang telah dilakukan di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Mangli adalah 1.Peran Pimpinan Cabang Muhammadiyah Mangli dalam pembinaan keagamaan masyarakat Mangli adalah sebagai perancang dan pelaksana dari program-program pembinaan keagamaan masyarakat melalui majelis-majelis di masing-masing bidang. 2.Program Pimpinan Cabang Muhammadiyah Mangli dalam membina akidah adalah melalui khotbah Jumat yang bertemakan tentang akidah. Dalam ranah akhlak melalui program kajian Jumat malam Sabtu pada pekan ke-4 setiap bulan serta keteladanan pimpinan, anggota, dan simpatisan Muhammadiyah. Dalam ranah syariat melalui program shalat wajib 5 waktu berjamaah, shalat Jumat berjamaah di setiap masjid binaan, shalat terawih berjamaah, i’tikaf, shalat Idhul Adha dan Idhul Fitri di lapangan Mangli, pengumpulan dan pendristibusi zakat fitrah kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan, pemotongan hewan kurban, buka puasa bersama gratis, dan penyediaan ma’had gratis mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:54
Last Modified: 02 Mar 2023 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19484

Actions (login required)

View Item View Item