Hubungan Adversity Quotient Dengan Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Desa Mlokorejo Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun 2017

Inayah, Vicke Maulida (2017) Hubungan Adversity Quotient Dengan Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Desa Mlokorejo Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Vicke Maulida Inayah_084 131 238.pdf

Download (6MB)

Abstract

Adversity quotient merupakan kecerdasan seseorang dalam menghadapi kesulitan dan mampu untuk mengatasinya. Dalam konteks ini santri pastinya memiliki akhlak dan daya juang yang berbeda-beda. Ada santri yang memiliki akhlak baik namun daya juangnya rendah dan ada santri yang memiliki akhlak baik daya juangnya juga tinggi, ada juga yang memiliki akhlak kurang baik namun memiliki daya juang tinggi dan yang terakhir ada santri yang memiliki akhlak kurang baik memiliki daya juang yang rendah. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah:1) Bagaimana gambaran adversity quotient santri di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Desa Mlokorejo Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun 2017?. 2) Bagaimana gambaran akhlak santri di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Desa Mlokorejo Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun 2017?. 3) Adakah hubungan antara Adversity quotient dengan akhlak santri di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Desa Mlokorejo Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun 2017?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan adversity quotient santri di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Desa Mlokorejo Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun 2017. 2) Untuk mendeskripsikan akhlak santri di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Desa Mlokorejo Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun 2017 .3) Untuk mengetahui hubungan antara adversity quotient dengan akhlak santri di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Desa Mlokorejo Kecamatan Puger Kabupaten Jember Tahun 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi sebanyak 891 santri dan responden sebanyak 277 santri, untuk pengambilan sampel menggunakan stratified proportionate random sampling. Pengumpulan data pada penelititan ini yaitu observasi, angket, wawancara dan dokumentasi serta kepustakaan. Selanjutnya untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan dua analisis analisis deskriptif dengan mencari prosentase masing-masing kategori dan digambarkan dalam diagram lingkaran dan analisis korelasional dengan menggunakan contingency coefficient (CC) yang sebelumnya dianalisis dengan rumus chi kuadrat. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Adversity quotient pada santri memiliki prosentase 17% dengan kategori baik, prosentase 72% dengan kategori cukup dan prosentase 11% dalam kategori kurang. 2) Akhlak pada santri memiliki prosentase 17% dengan kategori baik, prosentase 63% dalam kategori cukup, dan prosentase 20% dengan kategori kurang. 3) Ada korelasi yang sedang antara adversity quotient dengan akhlak santri di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Mlokorejo Tahun 2017 .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:54
Last Modified: 02 Mar 2023 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19485

Actions (login required)

View Item View Item