Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan di MA Al-Firdaus Suci Panti Tahun Pelajaran 2016/2017

Soleha, Wardatus (2017) Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan di MA Al-Firdaus Suci Panti Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wardatus Soleha_084 101206.pdf

Download (3MB)

Abstract

Keberagamaan atau religiusitas dapat diwujudkan dalam berbagai kehidupan manusia. Bukan hanya sekedar melakukan ritual (peribadatan) saja, namun juga segala aktivitas yang didorong oleh kekuatan supra natural. Oleh karena itu keberagamaan seseorang akan meliputi berbagai macam sisi atau dimensi yaitu : dimensi keyakinan, dimensi praktik agama, dimensi pengalaman, dimensi pengetahuan agama, dan dimensi pengalaman atau konsekuensi. Adapun fokus penelitian adalah. 1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan keagamaan yang berhubungan dengan hablum minallah di Madrasah Aliyah Al Firdaus Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? 2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan keagamaan yang berhubungan dengan hablum minannas di Madrasah Aliyah Al Firdaus Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. Adapun tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah. 1) Mendeskripsikan Pelaksanaan kegiatan keagamaan yang berhubungan dengan hablum minallah di Madrasah Aliyah Al Firdaus Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan keagamaan yang berhubungan dengan hablum minannas di Madrasah Aliyah Al Firdaus Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian Berdasarkan pengumpulan, pengolahan, reduksi data sampai pada penyajian data maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Pelaksanaan kegiatan keagamaan yang berhubungan dengan hablum minallah di Madrasah Aliyah Al Firdaus Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017, meliputi : a) membaca surat al-fatihah : pelaksanaan pembacaan surat al-fatihah sangat dianjurkan dan dilakukan saat mulai pembelajaran dan setelah selesai pembelajaran. b) membaca shalawat badar : pembacaan shalawat badar dilakukan pada setiap selesai kegiatan pembelajaran. c) Istighosah : Istighosah merupakan bentuk do’a yang dilakukan oleh semua elemen MA Al-Firdaus setiap satu bulan sekali, tujuan dari istighosah sendiri adalah meminta keringan/diampuni segala dosa. 2) Pelaksanaan kegiatan keagamaan yang berhubungan dengan hablum minannas di Madrasah Aliyah Al Firdaus Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017, meliputi : a) menjenguk orang sakit merupakan agenda rutin tiap kali ada temannya yang sakit, hal ini dilakukan untuk meringankan beban penderitaan yang sakit. Salah satu cara meringankan bebannya adalah dengan iuran seikhlasnya yang dikoordinator oleh ketua kelas. b) Silaturrahim : Silaturrahim merupakan agenda wajib yang dilakukan oleh siswa dan guru MA Al-Firdaus, karena banyak keutamaankeutamaan yang didapat, salah satunya memperpanjang umur, dan meluaskan rezeki.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:55
Last Modified: 02 Mar 2023 08:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19487

Actions (login required)

View Item View Item