Implementasi Program Bina Prestasi Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MTsN Jember 1 Tahun Pelajaran 2016/2017.

Amalia, Wasi'atul (2017) Implementasi Program Bina Prestasi Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MTsN Jember 1 Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wasi’atul Amalia_084131109.pdf

Download (5MB)

Abstract

Program Bina Prestasi adalah program kelas unggulan di MTsN Jember 1. sejumlah siswa berkemampuan lebih dikelompokkan dalam satu kelas yang khusus. Di MTsN Jember 1 terdapat 3 kelas Bina Prestasi perkelasnya, sehingga ada 9 kelas sekarang. Program Bina Prestasi Pendidikan Agama Islam adalah program yang bertujuan memfasilitasi siswa unggulan yang berminat di bidang keagamaan guna menambah wawasan dan meningkatkan prestasinya. Adapun yang jadi fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan program Bina Prestasi Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTsN Jember 1 tahun pelajaran 2016/2017? 2) Bagaimana pelaksanaan program Bina Prestasi Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTsN Jember 1 tahun pelajaran 2016/2017? 3) Bagaimana Evaluasi program Bina Prestasi Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTsN Jember 1 tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi implementasi program Bina Prestasi Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTsN Jember 1 tahun pelajaran 2016/2017. Untuk metode penelitian ada beberapa unsur diantaranya: Penelitian ini menggunakan pendekatan berparadigma kualitatif deskriptif jenis penilitian menggunakan field research, lokasi penelitian di MTsN Jember 1, sumber yang diperoleh dari pengumpulan-pengumpulan data dengan teknik observasi partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Analisa datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah:1)Perencanaan program ini yaitu, siswa yang mengikuti kelas Bina Prestasi memiliki kemampuan lebih, pembelajarannya dilaksanakan 4 kali seminggu setiap pulang sekolah sebagai pemantapan sehingga siswa memiliki tambahan pengetahuan dan guru yang bertugas merupakan guru yang ahli di bidangnya dan professional. 2)Pelaksanaan program Bina Prestasi PAI menggunakan kitab Safinatun Najah dan Aqidatul Awam dalam pembelajaran. Untuk memaksimalkan, guru memakai beberapa macam metode, guru juga memanfaatkan fasilitas yang disediakan madrasah. 3) Evaluasi dilakukan saat pembelajaran selesai di akhir bab dan ujian akhir. Siswa yang mengikuti kelas Bina Prestasi Pendidikan Agama Islam rata-rata memiliki nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:55
Last Modified: 02 Mar 2023 08:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19489

Actions (login required)

View Item View Item