Upaya takmir masjid Agung Ibnu Batutah dalam pembinaan Muslim minoritas di Nusa Dua Bali . Skripsi. Jember: IAIN Jember

Fahudiyana, Yayan (2017) Upaya takmir masjid Agung Ibnu Batutah dalam pembinaan Muslim minoritas di Nusa Dua Bali . Skripsi. Jember: IAIN Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Yayan Fahudiyana_084131144.pdf

Download (4MB)

Abstract

Masjid Agung Ibnu Batutah ini sangat menarik bagi masyarakat Islam pada umumnya karena letaknya di daerah Nusa Dua Bali yang mayoritas beragama Hindu dan umat Islam adalah minoritas tetapi menariknya adalah masyarakat Muslim yang berada di daerah tersebut sangat semangat dalam menjalankan dan mengikuti peribadahan yang meliputi sholat jamaah, pengajian, dan kegiatan-kegiatan keagamaan lain yang diselanggarakan di Masjid. Hal ini dibuktikan pada tanggal 27 November tahun 2013 setelah melewati proses seleksi, penilaian dan penjurian telah ditetapkan oleh pemerintah, dalam hal ini Kementrian Agama Republik Indonesia yang bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia sebagai Masjid Percontohan Terbaik se Provinsi Bali dan Masjid Terbaik kedua tingkat Nasional Tahun 2013. Hal ini merupakan salah satu bukti keberhasilan kerja sama yang baik diantara jamaah umat Muslim yang berada di Nusa Dua dan berkat kerja sama yang baik dengan semua pihak. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Upaya apa yang dilakukan takmir masjid Agung Ibnu Batutah dalam pembinaan Muslim minoritas di Nusa Dua Bali? (2) Kendala-kendala apa yang dialami dalam pembinaan Muslim minoritas di Nusa Dua Bali?. Tujuan penelian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan takmir masjid Agung Ibnu Batutah dalam pembinaan Muslim minoritas di Nusa Dua Bali, (2) Untuk mendeskripsikan kendala-kendala yang dialami dalam pembinaan Muslim minoritas di Nusa Dua Bali. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar beakang di Masjid Agung Ibnu Batutah Nusa Dua Bali. Peneliti menggunakan Pendekatan dan jenis penelitian yaitu kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis Data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Pemeriksaan Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan: (1) Upaya yang dilakukan takmir masjid Agung Ibnu Batutah dalam pembinaan Muslim minoritas di Nusa Dua Bali yaitu: dengan sikap toleransi kepada masyarakat, saling berkordinasi dengan semua pihak dari pejabat pemerintahan seperti krlurahan dan kepolisian, memperbaiki sistem manajemen yang baik, berusaha memperbaiki perencanaan dan pelaksanaanya dan membagi tugas sesuai dengan bidang atau keahlian masing-masing dengan mengakomodir tenaga yang dimiliki. (2) Kendala yang dialami dalam pembinaan Muslim minoritas di Nusa Dua Bali yaitu: dari aspek lingkungan karena di daerah Nusa Dua Bali mayoritas masyarakatnya beragama Hindu, umat Muslim minoritas dan sebagian besar jamaah masjid adalah pendatang yang berasal dari masyarakat luar Bali yang niat awalnya datang ke Bali adalah untuk bekerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:55
Last Modified: 02 Mar 2023 08:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19491

Actions (login required)

View Item View Item