Implementasi Metode Inquiry Discovery Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

Nafiah, Zulfa Kamilatun (2017) Implementasi Metode Inquiry Discovery Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Zulfa Kamilatun Nafilah_084 131 372.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam pada dasarnya menempati kedudukan yang strategis dalam mewujudkan pendidikan Nasional. Seorang guru yang professional dituntut untuk dapat menampilkan keahlian di depan kelas, dimana guru perlu memahami berbagai jenis metode belajar mengajar agar dapat memilih metode yang sesuai dengan kemampuan siswa. Menurut teori konstruktivisme yang dikembangkan oleh Pieget berasumsi bahwa pengetahuan itu akan bermakna manakla dicari dan ditemukan sndiri oleh siswa. Oleh karena itu, pendekatan kontekstual seharusnya dilaukan oleh guru guna melatih siswa untuk dapat memecahkan masalah dengan sendirinya.salah satu metode lternatif yang dapat digunakan guru dalam proses belajar mengajar khususnya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu metode inquiry discovery learning. Metode inquiry discovery learning adalah metode pembelajaran yang berupaya menenmkan dasar-dasar berfikir ilmiah pada diri siswa, shingga dalam proses pembelajaran siswa lebih banyak belajar sendiri, mengembangkan kreativitas dalam memecahkan masalah dengan sendirinya pula. Dengan menggunakan metode ini anggapan bahwa guru adalah satu-satunya umber belajar dapat dihilangkan, kondisi seperti inilah yang dapat merubah kegiatan belajar mengajar techer oriented menjadi student oriented. Fokus penelitian yang diteliti adalah: (1) Bagaimana implementasi metode inquiry discovery learning terpimpin pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana implementasi metode inquiry discovery learning bebas pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? (3)Bagaimana implementasi metode inquiry discovery learning bebas yang dimodifikasi pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Jember. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Analisi data menggunakan analisi data kualitatif yang terdiri dari tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah: (1) Implementasi metode inquiry discovery learning terpimpin pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017, guru melakukan tanya jawab bersama siswa. Kemudian meresume materi pelajaran untuk melatih siswa berfikir kritis, analitis dan logis dalam menemukan suatu jawaban dari pertanyaan yang diajukan. (2) Implementasi metode inquiry discovery learning bebas pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017, guru membagi siswa dalam digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix beberapa kelompok untuk melakukan suatu penyelidikan bebas layaknya seorang ilmuan. Hal tersebut bertujuan agar siswa mampu menguasai materi pelajaran dan mengembangkan potensi secara optimal. (3) Implementasi metode inquiry discovery learning bebas yang dimodifikasi pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017, guru melibatkan siswa langsung dalam proses pembelajaran dengan mengajukan suatu permasalahan (pertanyaan) berdasarkan materi yang sudah dipahami siswa, yang kemudian didiskusikan untuk dibuktikan kebenarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:55
Last Modified: 02 Mar 2023 08:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19492

Actions (login required)

View Item View Item