Analisis Penerapan Akuntansi Pembiayaan Mudharabah Pada PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Jember

Kurniasih, Fita (2017) Analisis Penerapan Akuntansi Pembiayaan Mudharabah Pada PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fita Kurniasih_083133037.pdf

Download (22MB)

Abstract

Sistem akuntansi yang diterapkan pada setiap perbankan syariah harus disusun sedemikian rupa guna menghadapi tantangan masa depan. Dimanaperubahandalammasyarakattidakbisadielakkandan volume perusahaan dalam masyarakat modern kita tampaknya semakin meningkat. Perubahan tersebut akan membawa problema baru dan tantangan baru kepada para penyusun pola sistem informasi akuntansi. Melihat sepanjang tahun permintaan pembiayaan mudharabah semakin meningkat, dimana sebagian besar masyarakat memiliki sifat konsumtif. Disamping itu, sebagian besar masyarakat belum memahami sistem pembiayaan mudharabah akuntansi yang diterapkan oleh perbankan syariah, karena para nasabah pembiayaan mudharabah hanya mengetahui prosedur untuk mengajukan suatu pembiayaan mudharabah saja, sedangkan kesesuaian akuntasinya dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 105 tentang Pembiayaan Mudharabah masih belum dipahami oleh masyarakat. Pokok-pokok masalah yang menjadi fokus penelitian adalah tentang 1) Bagaimana penerapan akuntansi pembiayaan mudharabah yang digunakan pada PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Jember? 2) Apakah kendala dalam menerapkan akuntansi pembiayaan mudharabah yang digunakan pada PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Jember? Tujuan yang menjadi pokok penelitian ini mengacu pada fokus penelitian, yaitu : 1) untuk mendeskripsikan penerapan akuntansi pembiayaan mudharabah yang digunakanpada PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Jember. 2) untuk mendeskripsikan kendala dalam menerapkan akuntansi pembiayaan mudharabah yang digunakan pada PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, teori penelitian lapangan dan analisis deskriptif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa teknik yang peneliti gunakan untuk memperoleh data, yaitu wawancara (interview), dokumentasi, dan observasi untuk menganalisa data. Dari penelitian yang telah peneliti lakukan menunjukkan bahwa PT Bank BNI Syariah Kantor Cabang Jember dalam menerapkan akuntansi pembiayaan mudharabah yang meliputi pengakuan, pengukuran, penilaian, penyajian dan pengungkapan telah sesuai dengan PSAK No. 105, dan kendala yang menghambat hanya terjadi apabila sistem terhenti dari kantor pusat. Kata Kunci: Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 105 tentang Akuntansi Pembiayaan Mudharabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Mar 2023 10:05
Last Modified: 03 Mar 2023 10:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19504

Actions (login required)

View Item View Item