Analisis Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle) dan Segmentasi Pasar Tabungan Faedah BRISyariah iB di BRISyariah Kantor Cabang Pembantu Banyuwangi Genteng

Zahro, Halimatus (2017) Analisis Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle) dan Segmentasi Pasar Tabungan Faedah BRISyariah iB di BRISyariah Kantor Cabang Pembantu Banyuwangi Genteng. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Halimatus Zahro_083133007.pdf

Download (13MB)

Abstract

Produk simpanan BRISyariah yang paling diminati nasabah adalah Tabungan Faedah BRISyariah iB, karena Tabungan Faedah BRISyariah iB memiliki beragam kemudahan dan fitur. Perlu dilakukan perumusan serta pengembangan strategi pemasaran produk sehingga dapat menciptakan pemasaran yang lebih terarah. Salah satu konsep yang dapat diterapkan yaitu menggunakan analisis siklus hidup produk (Product Life Cycle) dan Segmentasi pasar. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana posisi tabungan faedah BRISyariah iB berdasarkan teori Siklus Hidup Produk (Produk Life Cycle) di BRISyariah Kantor Cabang Pembantu Banyuwangi Genteng? 2) Bagaimana strategi yang dilakukan BRISyariah Kantor Cabang Pembantu Banyuwangi Genteng dalam memasarkan tabungan faedah BRISyariah iB pada segmen pasar yang terbentuk? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui posisi tabungan faedah BRISyariah iB dengan menggunakan teori Siklus Hidup Produk (Produk Life Cycle) dan untuk mengetahui strategi yang dilakukan BRISyariah Kantor Cabang Pembantu Banyuwangi Genteng dalam memasarkan tabungan faedah BRISyariah iB dibeberapa segmen pasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian field research. Subyek penelitian terdiri dari primer dan sekunder. Tehnik pengumpulan data yang digunkan yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini yaitu posisi tabungan faedah BRISyariah iB berada pada tahap pertumbuhan karena jumlah nasabah yang melakukan aplikasi pembukaan tabungan faedah mengalami peningkatan selama periode 2016, tingkat pesaing bertambah banyak, laba perusahaan meningkat, dan usaha perusahaan yaitu membina share pasar dengan memaksimumkan pangsa pasar. Secara umum segmen tabungan faedah BRISyariah iB adalah nasabah individu, jika dilihat dari dasar segmentasi pasar konsumen terbentuk Segmen Georafis (segmen pasar desa dan segmen pasar kota) dan Segmen perilaku (nasabah mudah dipengaruhi dan nasabah yang sulit dipengaruhi). Strategi pemasaran yang dilakukan Bank BRISyariah Kantor Cabang Pembantu Banyuwangi Genteng yaitu dengan pemasaran langsung (door to door, grebek pasar, maintenance, dan pelayanan prima dari front liner dan bagian marketing) dan pemasaran tidak langsung (penyediaan brosur, getok tular (informasi mulut ke mulut), iklan, dan sebagainya Kata kunci: Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle), Segmentasi Pasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Mar 2023 10:05
Last Modified: 03 Mar 2023 10:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19507

Actions (login required)

View Item View Item