Analisis Pelaksanaan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pembiayaan Mikro pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Lumajang.

Soleha, Hidayatus (2017) Analisis Pelaksanaan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pembiayaan Mikro pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hidayatus Soleha_083133030.pdf

Download (5MB)

Abstract

Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam istilah baik bank maupun non bank adalah untuk menjamin kesamaan tindakan, mempertahankan kualitas yang telah dicapai. Salah satu bentuk penerapan manajemen risiko antara lain adalah kecukupan prosedur untuk mendukung aktivitas operasional bisnis Bank. Sehubungan dengan hal tersebut Bank telah menyusun SOP Pembiayaan Mikro sesuai karakteristik segmentasi bisnis. Dalam hal ini pelaksanaan SOP secara efektif terbukti mampu memperbaiki jumlah non-performing financing (NPF) pembiayaan mikro pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Lumajang yang berangsur-angsur membaik dalam waktu tiga tahun terakhir ini. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: a) Bagaimana Pelaksanaan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pembiayaan Mikro di PT Bank Syariah Mandiri KC Lumajang, b)Apa hambatan dalam pelaksanaan Standar Operasional Prosedur Pembiayaan Mikro c) Bagaimana upaya untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan Standar Operasional Prosedur pembiayaan mikro. Tujuan penelitian ini adalah: a) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan SOP (Standar Operasional Prosedur) pembiayaan mikro di PT Bank Syariah Mandiri KC Lumajang, b) Untuk memahami dan mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan SOP pembiayaan mikro, c) Untuk memahami dan mendeskripsikan upaya Bank Syariah Mandiri KC Lumajang dalam mengatasi hambatan dalam pelaksanaan SOP pembiayaan mikro. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research, yaitu penelitian ini lebih menitikberatkan kepada hasil pengumpulan data dari informan yang telah ditentukan di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Lumajang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Standar Operasional Prosedur (SOP) pembiayaan mikro meliputi permohonan, penyaringan, survey, analisa dan penyusunan NAP, keputusan, akad/perjanjian, monitoring, disamping itu kontribusi SOP dalam meminimalisir terjadinya pembiayaan bermasalah sebesar 70% sementara sisanya 30% merupakan kinerja dari tim pembiayaan mikro. Mengenai hambatan yang timbul yaitu hambatan internal berupa teknis internal dalam pelaksanaan SOP, sedangkan hambatan eksternal bersifat dinamis tergantung kondisi nasabah dan usahanya dalam hal ini nasabah keberatan dengan biaya administrasi yang harus dibayarkan diawal perjanjian. Upaya dalam mengatasi hambatan yang timbul dengan selalu melakukan koordinasi harian dan memberikan informasi diawal kepada nasabah tentang ketentuan pembiayaan mikro di PT Bank Syariah Mandiri. Kata kunci: Pelaksanaan, Standar Operasional Prosedur, Pembiayaan Mikro.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Mar 2023 10:05
Last Modified: 03 Mar 2023 10:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19509

Actions (login required)

View Item View Item