Pengaruh Penyaluran Produk Pembiayaan Warung Mikro Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang (KC) Banyuwangi (study kasus pelaku UMKM).

Sholihah, Anna (2016) Pengaruh Penyaluran Produk Pembiayaan Warung Mikro Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang (KC) Banyuwangi (study kasus pelaku UMKM). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Anna Sholihah_083123071.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan UMKM adalah salah satu pilar utama ekonomi nasional yang harus memperoleh kesempatan utama, dukungan, perlindungan, dan pengembangan seluas-luasnya sebagai wujud keberpihakan yang tegas kepada kelompok usaha ekonomi rakyat. Oleh karena itu upaya untuk terus memberdayakan usaha mikro kecil menegah (UMKM) merupakan suatu tantangan yang harus selalu ditingkatkan, termasuk dukungan pembiayaan melalui perbankan. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: (1) Adakah pengaruh yang positif dan signifikan penyaluran produk pembiayaan warung mikro terhadap perkembangan UMKM? (2) Seberapa besar pengaruh penyaluran produk pembiayaan warung mikro terhadap perkembangan UMKM?. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan skripsi ini adalah ingin mendeskripsikan adakah pengaruh yang signifikan penyaluran produk pembiayaan warung mikro terhadap perkembangan UMKM. Ingin mendeskripsikan seberapa besar pengaruh penyaluran produk pembiayaan warung mikro terhadap perkembangan UMKM. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Populasi dari penelitian ini adalah nasabah PT. Bank Syariah Mandiri KC Banyuwangi yang melakukan pembiayaan warung mikro, jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 45 nasabah. Menggunakan metode . metode analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana,pengujian hipotesis menggunakan uji t, serta koefisien determinasi (R2 ). Berdasarkan penelitian, diketahui dari hasil uji t dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penyaluran produk pembiayaan warung mikro terhadap perkembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan nilai signifikan 0,039 < 0,05. Sedangkan besar pengaruh yang dihasilkan penyaluran produk pembiayaan warung mikro terhadap perkembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dapat dijelaskan sebesar 12,3%, sedangkan sisanya 88,7% yang dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini. Kata kunci: pembiayaan warung mikro, dan perkembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Mar 2023 10:05
Last Modified: 03 Mar 2023 10:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19513

Actions (login required)

View Item View Item