Analisis Akad Pembiayaan Murabahah dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang Kecil (Studi Kasus pada BMT UGT Sidogiri Capem Kalibaru Cabang Glenmore)

Iseh, Arifatul Ainul (2016) Analisis Akad Pembiayaan Murabahah dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang Kecil (Studi Kasus pada BMT UGT Sidogiri Capem Kalibaru Cabang Glenmore). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Arifatul Ainul Iseh_083 123 015.pdf

Download (6MB)

Abstract

BMT sebagai Baitul Maal Wat Tanwil yang perannya menjalankan operasi simpan pinjam syariah tanpa bunga dan menawarkan produk-produk syariah. Salah satu pembiayaan yang diberikan BMT Sidogiri adalah pembiayaan pembelian yang disebut murabahah. Tujuan BMT adalah meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui peningkatan usahanya dengan memberikan pembiayaan, karena modal merupakan faktor utama yang diperlukan untuk mengembangkan suatu unit usaha dalam meningkatkan produktifitas dan menambah lapangan pekerjaan, sehingga muncul keinginan peneliti untuk mengetahui upaya BMT-UGT Sidogiri Capem Kalibaru Cabang Glenmore dalam meningkatkan pendapatan pedagang kecil serta mekanisme pembiayaan murabahah. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana mekanisme akad pembiayaan marabahah di BMT UGT Sidogiri Capem Kalibaru Cabang Glenmore? 2) Bagaimana upaya BMT UGT Sidogiri Capem Kalibaru Cabang Glenmore dalam meningkatkan pendapatan pedagang kecil? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan mekanisme akad pembiayaan murabahah di BMT UGT Sidogiri Capem Kalibaru Cabang Glenmore, Untuk mengetahui upaya BMT UGT Sidogiri Capem Kalibaru Cabang Glenmore dalam meningkatkan pendapatan pedagang kecil. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitiannya menggunakan Field Research. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis data deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Mekanisme pembiayaan dari mulai permohonan sampai dengan pencairan dana tidak membutuhkan waktu yang lama hal ini dikarenakan salah satu dari tujuan BMT adalah meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui peningkatan usahanya. BMT Sidogiri mempunyai cara yang sangat mudah dan cepat sehingga tidak mempersulit masyarakat untuk melakukan pengajuan pembiayaan untuk memenuhi kebutuhannya. Dimulai dari Permohonan pembiayaan, Proses pengajuan (Survei/Analisis), Terjadinya akad serta melengkapi Dokumen, Pengadaan barang, Pembayaran angsuran serta Monitoring. 2) BMT Sidogiri Capem Kalibaru Cabang Glenmore mempunyai kontribusi dalam menstabilkan prekonomian pedagang kecil di pasar kalibaru dan dapat membantu meningkatkan pendapatan pedagang kecil menggunakan pemberian pembiayaan akad Murabahah dengan margin yang kecil dibanding dengan para rentenir ataupun bank lainnya dan juga meningkatkan pembiayaan dengan memberikan modal kerja serta memberikan Pembinaan mengenai managemen usaha kepada pedagang kecil. Dengan menggunakan pembiayaan Murabahah pedagang kecil bisa untuk meningkatkan pendapatannya, dengan cara meningkatkan semua jenis usaha yang ada. Karena hal ini akan berdampak pada kenaikan pendapatan yang diperoleh oleh nasabah itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Mar 2023 10:05
Last Modified: 03 Mar 2023 10:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19514

Actions (login required)

View Item View Item