Penerapan Prinsip Prudential Banking Dalam Pemberian Pembiayaan Modal Kerja di PT. BRISyariah Kantor Cabang Pembantu (KCP) Genteng-Banyuwangi.

Musrifah, Ika (2016) Penerapan Prinsip Prudential Banking Dalam Pemberian Pembiayaan Modal Kerja di PT. BRISyariah Kantor Cabang Pembantu (KCP) Genteng-Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ika Musrifah_ 083 123 060.pdf

Download (7MB)

Abstract

Perbankan Syariah merupakan lembaga yang menjalankan oprasionalnya berdasarkan prinsip syariah. Serta bertugas menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali dana tersebut kepada masyarakat dalam bentuk pembiayaan.Dalam pemberian pembiayaan bank harus menerapkan prinsip kehati-hatian (Prinsip Prudential) untuk meminimalisir resiko yang tidak diinginkan. Berdasarkan uraian di atas sehingga timbul masalah yaitu: (1) Bagaimana penerapan prinsip kehati-hatian yang dilakukan oleh PT. BRISyariah Kantor Cabang Pembantu (KCP) Genteng-Banyuwangi dalam pemberian pembiayaan khususnya modal kerja? (2) Apa saja kendala yang dialami oleh PT. BRISyariah Kantor Cabang Pembantu (KCP) Genteng-Banyuwangi dalam penerapan prinsip kehati-hatian (Prinsip Prudential) dalam pemberian pembiayaan khususnya modal kerja? (3) Bagaimana solusi yang dilakukan oleh PT. BRISyariah Kantor Cabang Pembantu (KCP) Genteng-Banyuwangi untuk menyelesaikan kendala pada penerapan prinsip kehati-hatian (Prinsip Prudential) tersebut? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berupa penelitian lapangan dimana peneliti mengamati dan berpartisipasi secara langsung dalam penelitian skala sosial kecil dan mengamati budaya setempat. Hasil penelitian lapangan dijelaskan dengan sesuai situasi dan kondisi yang ada di lapangan. Hasil penelitian dari permasalahan di atas yang diperoleh adalah pelaksanaan prinsip kehati-hatian dalam pemberian pembiayaan khususnya pemberian pembiayaan modal kerja di PT. BRISyariah Kantor Cabang Pembantu (KCP) Genteng-Banyuwangi menggunakan teori analisa 5C (Character, Capacity, Capital, Condition Of Economy, Collateral) beberapa kendala yaitu : (1) Penilaian Character,dalam hal ini yaitu kendalanya menilai kejujuran calon nasabah, (2) Penilaian Capital, kendala ini meliputi sulitnya untuk menilai usaha kolektif, (3) Analisa Condition Of Economy, kendala yang dialami meliputi masalah instabilitas usaha ataupun fluktuasi ekonomi, (4) Collateral atau agunan juga salah satu kendala yang dihadapi. Adapun contohnya yaitu taksiran benda ketidak jelasan agunan yang dijaminkan. Beberapa kendala diatas dapat diatasi dengan menggunakan beberapa solusi yang meliputi (1) Character untuk solusi dalam penilaian character ini yaitu di lihat dengan BI checkhing, (2) solusi penilaian capital yaitu melakukan observasi lebih lanjut, (3) solusi penilaian Condition Of Economy yaitu menurunkan plafon calon nasabah, (4) solusi penilaian Collateral atau agunan yaitu menolak agunan yang tidak jelas. dari beberapa kendala tersebut dapat diatasi sehingga penerapan prinsip prudential banking dapat meminimalisir pembiayaan bermasalah khususnya pembiayaan modal kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Mar 2023 10:05
Last Modified: 03 Mar 2023 10:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19518

Actions (login required)

View Item View Item