Pengaruh Likuiditas dan Kecukupan Modal Terhadap Profitabilitas Perbankan Syariah Di Indonesia Periode Januari 2012 – Juni 2015.

Romadhan, Imam (2016) Pengaruh Likuiditas dan Kecukupan Modal Terhadap Profitabilitas Perbankan Syariah Di Indonesia Periode Januari 2012 – Juni 2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Imam Romadhan_083123006.pdf

Download (5MB)

Abstract

Bank syariah adalah bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip islam. Likuiditas merupakan kemampuan bank dalam memenuhi hutang jangka pendeknya, sedangkan kecukupan modal merupakan penilai kinerja bank atau sebagai penilai permodalan dalam suatu bank. Begitu pentingnya modal sehingga pihak bank sering dihadapkan dengan pilihan untuk memenuhi dan menjaga modal tersebut karena besarnya keuntungan bank tergantung besarnya modal. Jika penyaluran dana kepada masyarakat besar maka keuntungan yang akan dihasilkan bank juga besar. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: a) Adakah pengaruh secara simultan likuiditas dan kecukupan modal terhadap profitabilitas perbankan syariah di indonesia periode januari 2012-Juni 2015?, b) Adakah pengaruh secara parsial likuiditas terhadap profitabilitas perbankan syariah di indonesia periode Juli 2012- Juni 2015?, c) Adakah pengaruh secara parsial kecukupan modal terhadap profitabilitas perbankan syariah di indonesia periode Juli 2012-Juni 2015?. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian time series. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah regresi linier berganda, yaitu untuk mengetahui pengaruh lebih dari satu variabel bebas terhadap satu variabel terikat. Dalam analisis regresi linier, ada tiga hal yang harus diperhatikan, yaitu: Koefiseien Determinasi (R2 ), Uji F, dan Uji t. Namun sebelum melakukan analisis regresi, terlebih dulu data harus memenuhi Uji Asumsi Klasik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas (FDR) dan kecukupan modal (CAR) secara simultan berpengaruh terhadap profitabilitas (ROA) perbankan syariah di Indonesia dengan tingkat pengaruh cukup besar yaitu sebesar 67,2 %. Sedangkan dengan uji secara parsial, masing-masing berpengaruh terhadap profitabilitas (ROA) perbankan syariah di Indonesia yaitu, likuiditas (FDR) berpengaruh sebesar 0,044 dan kecukupan modal (CAR) berpengaruh sebesar 0,022. Kata Kunci : Likuiditas (FDR), Kecukupan Modal (CAR), Profitabilitas (ROA).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Mar 2023 10:05
Last Modified: 03 Mar 2023 10:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19519

Actions (login required)

View Item View Item