Analisis Penerapan Good Corporate Governance (GCG) Pada PT Bank Syariah Mandiri (BSM)

Silvana, Inas (2017) Analisis Penerapan Good Corporate Governance (GCG) Pada PT Bank Syariah Mandiri (BSM). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Inas Silvania_083133091.pdf

Download (49MB)

Abstract

Good Corporate Governance merupakan salah satu kunci sukses perusahaan untuk tumbuh dan menguntungkan dalam jangka panjang, sekaligus memenangkan persaingan bisnis global. Dalam penerapan GCG, bank perlu pertimbangan guna menyusun strategi penerapannya. Adapun pertimbangan-pertimbangan strategi penerapan GCG dapat dilihat dari dua sudut pandang, yaitu bank sebagai lembaga kepercayaan dan bank sebagai lembaga pelayanan publik. Untuk mendapatkan manfaat dari implementasi GCG yang optimal, maka implementasi GCG harus dilakukan secara terarah, terencana, sesuai dengan ketentuan yang berlaku, berkesinambungan dan melibatkan seluruh elemen perusahaan. Dan sebagai bentuk evaluasi atas pelaksanaan GCG, bank diwajibkan melakukan penilain sendiri (self assessment) secara berkala sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan oleh regulator. Fokus penelitian dalam skripsi adalah: 1) bagaimanakah mekanisme penilaian Good Corporate Governance pada PT Bank Syariah Mandiri?. 2) Bagaimanakah uapaya Bank Syariah Mandiri dalam memperkuat implementasi Good Corporate Governance?. Tujuan penelitian ini dilakukan: : 1) Untuk mengetahui mekanisme penilaian Good Corporate Governance pada PT Bank Syariah Mandiri. 2) Untuk memahami upaya Bank Syariah Mandiri dalam memperkuat implementasi Good Corporate Governance. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Peneliti menggunakan sumber data sekunder dan dengan tekhnik pengumpulan data yaitu dokumentasi dan studi pustaka. Dalam penelitian ini untuk menganalisis data peneliti menggunakan analisis deskriptif, sedangkan untuk keabsahan data peneliti menggunakan metode meningkatkan ketekunan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penilaian atas pelaksanaan GCG diawali dengan mengumpulkan data untuk menilai kecukupan dan efektifitas pelaksanaan GCG. Kemudian menilai kecukupan dan efektifitas atas ketiga aspek governance, yaitu governance structure, governance process, dan governance outcome. Terakhir menyimpulkan faktor positif dan negatif dari masing-masing aspek governance dan selanjutnya pemberian peringkat atas hasil penilaian GCG. 2) Upaya yang dilakukan Bank Syariah Mandiri guna memperkuat implementasi GCG cukup beragam. Namun hal utama yang paling ditekankan BSM adalah dilakukannya sosialisasi kepada seluruh jajaran bank. Dengan sosialisasi diharapkan jajaran bank memahami dan dapat mengimplementasikan GCG dengan baik dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Mar 2023 10:06
Last Modified: 03 Mar 2023 10:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19520

Actions (login required)

View Item View Item