Pengaruh Tingkat Suku Bunga BI Terhadap Persentase Nisbah Bagi Hasil Deposito pada PT. Bank Syariah Mandiri Branch Bondowoso Tahun 2013-2015.

Agustin, Linda Utari (2016) Pengaruh Tingkat Suku Bunga BI Terhadap Persentase Nisbah Bagi Hasil Deposito pada PT. Bank Syariah Mandiri Branch Bondowoso Tahun 2013-2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Linda Utari Agustin_083123021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bank syariah adalah bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah dan menurut jenisnya terdiri atas Bank Umum Syariah dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah. Maka produk-produk yang dijual oleh Bank Syariah sedapat mungkin bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup perorangan dan perekonomian secara nasional. Salah satunya adalah produk deposito. Deposito Bank Syariah Mandiri merupakan produk yang dipersembahkan bagi nasabah yang memiliki keinginan untuk berinvestasi secara aman dan menguntungkan. Fokus masalah dalam skripsi ini adalah : 1. Bagaimana pengaruh tingkat suku bunga BI terhadap persentase nisbah bagi hasil deposito? 2. Seberapa besar pengaruh tingkat suku bunga BI terhadap persentase nisbah bagi hasil deposito?. Tujuan penelitian ini dilakukan: 1. Untuk mengetahui bagaimana ada pengaruh tingkat suku bunga BI terhadap persentase nisbah bagi hasil. 2. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tingkat suku bunga BI terhadap persentase nisbah bagi hasil deposito. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian data time series. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana, yaitu untuk mengetahui pengaruh dari satu variabel bebas terhadap variabel terikat. Dalam regresi sederhana hal yang harus diperhatikan, yaitu koefisien determinasi dan uji t, sebelum melakukan regresi sederhana terlebih dahulu data harus memenuhi asumsi klasik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah berdasarkan hasil pengujian secara persial dari variabel tingkat suku bunga BI terhadap persentase nisbah bagi hasil deposito yang menunjukkan bahwa nilai thitung 4,082 dan ttabel 1,708. Hal tersebut berarti nilai signifikansi yang dihasilkan oleh variabel tingkat suku bunga dibawah 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat suku bunga BI berpengaruh secara persial terhadap persentase nisbah bagi hasil deposito pada PT. Bank Syariah Mandiri Branch Bondowoso tahun 2013-2015. Pengaruh tingkat suku bunga BI terhadap persentase nisbah bagi hasil deposito sebesar 11,2% yang menunjukkan bahwa variabel-variabel tersebut kecil pengaruhnya terhadap persentase nisbah bagi hasil deposito pada PT. Bank Syariah Mandiri Branch Bondowoso, sedangkan sisanya 88,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kata Kunci: tingkat suku bunga BI dan nisbah bagi hasil deposito.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Mar 2023 10:06
Last Modified: 03 Mar 2023 10:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19528

Actions (login required)

View Item View Item