Kusumawardani, Ade Ellah Firdaus (2017) Analisis Perlindungan Konsumen Nasabah Pembiayaan Murabahah Di PT. Bank BNI Syariah KC Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Ade Ellah Firdaus Kusumawardani_083133065.pdf Download (3MB) |
Abstract
Para penikmat jasa dan layanan perbankan terutama di bank syariah yang mempunyai banyak produk pembiayaan, salah satunya pembiayaan murabahah yang sering diminati oleh kalangan para konsumen. Banyaknya permintaan konsumen kepada jasa dan layanan perbankan, maka bank syariah harus melindungi para konsumen dalam jasa dan layanan yang telah diberikan. Perlindungan konsumen telah ada undang-undang yang mengaturnya. Akan tetapi bank juga harus berinovasi dalam mengembangkan aturan-aturan untuk melindungi konsumen. Untuk itu Analisis Perlindungan di PT. Bank BNI Syariah KC Jember terhadap konsumen nasabah pembiayaan murabahah dengan memberikan perlindungan pada saat sebelum transaksi, pada saat transaksi, dan pada saat setelah transaksi. Dari latar belakang yang ada dalam skripsi ini fokus pada: a) Bagaimana perlindungan konsumen nasabah pembiayaan murabahah di PT. Bank BNI Syariah KC Jember pada saat sebelum transaksi?. b) Bagaimana perlindungan konsumen nasabah pembiayaan murabahah di PT. Bank BNI Syariah KC Jember pada saat transaksi?. c) Bagaimana perlindungan konsumen nasabah pembiayaan murabahah di PT. Bank BNI Syariah KC Jember pada saat setelah transaksi? Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis perlindungan konsumen nasabah pembiayaan murabahah di PT. Bank BNI Syariah KC Jember pada saat sebelum transaksi, pada saat transaksi, dan pada saat setelah transaksi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: a) Perlindungan pada saat sebelum transaksi meliputi penjelasan informasi mengenai pembiayaan murabahah. b) perlindungan pada saat transaksi adalah perlindungan hal-hal yang berkaitan dengan penandatanganan akad pembiayaan murabahah antara pihak bank syariah dan nasabah. c) perlindungan pada saat setelah transaksi meliputi perlindungan pada pembayaran angsuran nasabah, perlindungan jika nasabah mengalami risiko gagal bayar dalam angsuran, dan perlindungan setelah dinyatakan pembiayaan murabahah nasabah telah selesai atau lunas dengan menerbitkan surat keterangan lunas.Para penikmat jasa dan layanan perbankan terutama di bank syariah yang mempunyai banyak produk pembiayaan, salah satunya pembiayaan murabahah yang sering diminati oleh kalangan para konsumen. Banyaknya permintaan konsumen kepada jasa dan layanan perbankan, maka bank syariah harus melindungi para konsumen dalam jasa dan layanan yang telah diberikan. Perlindungan konsumen telah ada undang-undang yang mengaturnya. Akan tetapi bank juga harus berinovasi dalam mengembangkan aturan-aturan untuk melindungi konsumen. Untuk itu Analisis Perlindungan di PT. Bank BNI Syariah KC Jember terhadap konsumen nasabah pembiayaan murabahah dengan memberikan perlindungan pada saat sebelum transaksi, pada saat transaksi, dan pada saat setelah transaksi. Dari latar belakang yang ada dalam skripsi ini fokus pada: a) Bagaimana perlindungan konsumen nasabah pembiayaan murabahah di PT. Bank BNI Syariah KC Jember pada saat sebelum transaksi?. b) Bagaimana perlindungan konsumen nasabah pembiayaan murabahah di PT. Bank BNI Syariah KC Jember pada saat transaksi?. c) Bagaimana perlindungan konsumen nasabah pembiayaan murabahah di PT. Bank BNI Syariah KC Jember pada saat setelah transaksi? Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis perlindungan konsumen nasabah pembiayaan murabahah di PT. Bank BNI Syariah KC Jember pada saat sebelum transaksi, pada saat transaksi, dan pada saat setelah transaksi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: a) Perlindungan pada saat sebelum transaksi meliputi penjelasan informasi mengenai pembiayaan murabahah. b) perlindungan pada saat transaksi adalah perlindungan hal-hal yang berkaitan dengan penandatanganan akad pembiayaan murabahah antara pihak bank syariah dan nasabah. c) perlindungan pada saat setelah transaksi meliputi perlindungan pada pembayaran angsuran nasabah, perlindungan jika nasabah mengalami risiko gagal bayar dalam angsuran, dan perlindungan setelah dinyatakan pembiayaan murabahah nasabah telah selesai atau lunas dengan menerbitkan surat keterangan lunas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 06 Mar 2023 09:45 |
Last Modified: | 06 Mar 2023 09:45 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19539 |
Actions (login required)
View Item |