Analisis Perbandingan Perhitungan Penetapan Biaya Jasa Simpan Pada Pegadaian Syariah Dengan Biaya Sewa Modal Pada Pegadaian Konvensional.

Mu'arrofah, Afrila (2017) Analisis Perbandingan Perhitungan Penetapan Biaya Jasa Simpan Pada Pegadaian Syariah Dengan Biaya Sewa Modal Pada Pegadaian Konvensional. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Afrila Mu’arrofah_083 133 023.pdf

Download (68MB)

Abstract

Pegadaian merupakan satu-satunya badan usaha di Indonesia yang secara resmi mempunyai izin untuk melaksanakan kegiatan lembaga keuangan berupa pembiayaan dalam bentuk penyaluran dana ke masyarakat atas dasar hukum gadai. Munculnya lembaga yang menerapkan sistem gadai di Indonesia seperti halnya pegadaian menjadi alternatif baru bagi masyarakat untuk memenuhi dana dalam jumlah yang besar dan dalam waktu yang cepat karena prosesnya yang tidak sulit. Mereka hanya menjaminkan barang berharga mereka seperti emas, barang elektronik dan barang berharga lainnya kepada pihak pegadaian. Seiring dengan banyaknya perkembangan produk-produk lembaga keuangan yang berbasis syariah di Indonesia seperti perbankan syariah, asuransi syariah, koperasi syariah dan lembaga keuangan lainnya yang berbasis syariah. Sehingga PT. pegadaian juga mengeluarkan produk berbasis syariah yang lebih dikenal dengan pegadaian syariah. Pegadaian syariah merupakan lembaga yang bergerak di bidang penyaluran pembiayaan dengan prinsip syariah. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : a) Bagaimana perhitungan penetapan biaya sewa modal pada pegadaian konvensional?, b) Bagaimana perhitungan penetapan biaya jasa simpan pada pegadaian syariah?, c) Apa tujuan membandingkan perhitungan penetapan biaya jasa simpan pada pegadaian syariah dengan biaya sewa modal pada pegadaian konvensional?. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah a) Untuk mengetahui perhitungan dalam penetapan biaya sewa modal pada pegadaian konvensional, b) Untuk mengetahui perhitungan dalam penetapan biaya jasa simpan pada pegadaian syariah, c) untuk mengetahui biaya yang lebih meringankan yang harus ditanggung nasabah ketika melakukan pinjaman di pegadaian syariah ataupun di pegadaian konvensional. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah a) Wawancara, b) Observasi, dan c) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Miles and Hubberman. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian adalah a) Uji kredibility, b) Uji transferability, c) Uji dependability, dan d) Uji konfirmability. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan oleh peneliti menunjukan bahwa biaya yang harus ditanggung oleh nasabah ketika melakukan pinjaman di pegadaian, baik pegadaian konvensional maupun pegadaian syariah menunjukkan pegadaian syariah lebih meringankan daripada pegadaian konvensional. Kata kunci : pegadaian, pegadaian syariah, biaya sewa modal, dan biaya jasa simpan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Mar 2023 09:45
Last Modified: 06 Mar 2023 09:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19540

Actions (login required)

View Item View Item