Implementasi Akuntansi Belanja Modal Di Kantor Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember Tahun 2016.

Oktaviani, Dewi Hesti (2017) Implementasi Akuntansi Belanja Modal Di Kantor Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember Tahun 2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dewi Hesti Oktaviani_083 134 107.pdf

Download (4MB)

Abstract

Keberadaan Kantor Kecamatan Tempurejo sebagai SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) berfungsi untuk melayani masyarakat, dalam rangka mensejahterakan kehidupan dan sosial. Kegiatan Belanja Modal yang dilakukan dibiayai oleh Kepala Daerah melalui Kantor Kecamtan Tempurejo untuk dapat merealisasikan kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan belanja modal disalurkan harus memiliki sistem akuntansi yang baik dan transparan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada Kepala Daerah berdasarkan pada SAP dan PP. No 71 Tahun 2010 tentang Akuntansi Pemerintah Daerah Berbasis Akrual. Adapun fokus masalah daripenelitianskripsi ini yaitu: (1) Bagaimana Implementasi akuntansi belanja modal di Kantor Kecamatan Tempurejo?. (2) Apakah pelaporan transaksi belanja modal yang berlaku sesuai dengan PP. No. 71 Tahun 2010 di Kantor Kecamatan Tempurejo? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui Implementasi akuntansi belanja modal di Kantor Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember. (2) Untuk mengetahui pelaporan transaksi belanja modal yang berlaku sesuai dengan PP No.71 tahun 2010 di Kantor Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember. Metode yang digunakan oleh peneliti untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil yang diperoleh oleh peneliti yaitu, (1) Implementasi akuntansi belanja modal di Kantor Kecamatan Tempurejo diantaranya: a) membuat rencana kegiatan anggaran, b) dokumen pelaksana anggaran, c) pengguna anggaran, d) paket pengadaan, e) pejabat pengadaan, f) rekanan, g) penjelasan pekerjaan, h) tawar-menawar, i) penetapan harga kontrak, j) eksekusi, k) pemeriksaan atas belanja modal yang dilakukan l) proses pembayaran, m) penambahan aset. (2) pelaporan transaksi belanja modal yang berlaku di Kantor Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember sesuai dengan PP. No. 71 Tahun 2010, dengan menggunakan 5 aspek dalam pelaporan transaksi belanja modal sebagai entitas akuntansi yaitu: a) laporan realisasi anggaran, b) Neraca, c) laporan operasional, d) laporan perubahan ekuitas, e) catatan atas laporan keuangan. Kata kunci: Akuntansi Belanja Modal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Mar 2023 09:44
Last Modified: 06 Mar 2023 09:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19544

Actions (login required)

View Item View Item