Firdausi, Durratul (2017) Analisis Penerapan Jasa Bank Garansi pada Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Durratul Firdausi_083133118.pdf Download (28MB) |
Abstract
Tujuan pemberian produk jasa Bank Garansi yaitu pertama, bagi pemegang jaminan bank garansi adalah untuk memberi keyakinan bahwa pemegang jaminan tidak akan menderita kerugian apabila pihak yang dijamin melakukan kelalaian, kedua bagi nasabah memberikan rasa aman dan ketentraman dalam berusaha, ketiga bagi bank, memberikan bantuan fasilitas dan kemudahan dalam memperlancar transaksi nasabah dan mendapatkan keuntungan dalam bentuk ujrah. Selain memiliki tujuan positif, penerbitan Bank Garansi juga mengandung suatu risiko bagi Bank yaitu risiko reputasi dan risiko pembiayaan. Mengingat bahwa setiap penerbitan Bank Garansi mengandung suatu risiko bagi bank, maka tentunya perlu diketahui apa saja yang menjadi syarat-syarat, langkahlangkah dan hal lainnya dalam penerapan bank garansi. Fokus penelitian berdasarkan latar belakang yang diuraikan sebelumnya adalah 1. Bagaimana penerapan jasa bank garansi pada Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember? 2. Apa sajakah yang menjadi kendala dalam penerapan jasa bank garansi pada Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember? dan 3. Bagaimana cara mengatasi kendala dalam penerapan jasa bank garansi pada Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan jasa bank garansi, apa sajakah yang menjadi kendala dan cara mengatasi kendala dalam penerapan jasa bank garansi pada Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek Penelitian dengan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah 1. Penerapan Jasa Bank Garansi pada Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember, yaitu pemohon penerbit Bank Garansi harus memenuhi kriteria nasabah, syarat, besarnya nominal dan jangka waktu Bank Garansi sesuai dengan kebutuhan nasabah, memiliki jaminan yang senilai dengan Bank Garansi, penetuan ujroh ditentukan oleh waktu dan nominal bank garansi, tahapan dari pengajuan permohonan penerbitan bank garansi hingga bank garansi diterbitkan, tahapan dari berakhirnya bank garansi dan tahapan yang dilakukan jika nasabah mengalami wanprestasi. 2. Beberapa kendala dalam penerapan jasa bank garansi pada Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember. a.Terdapat berkas atau perizinan yang kurang lengkap. b.Tidak hadirnya salah satu pihak dalam rapat komite Bank Garansi. c.Adanya ketidak sesuaian antara isi dari surat penawaran penerbitan Bank Garansi dengan keinginan nasabah pemohonan penerbitan Bank Garansi sehingga membuat penerbitan Bank Garansi semakin lama. 3. Cara mengatasi kendala dalam penerapan jasa bank garansi pada Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember a. Pihak marketing akan memberikan informasi kepada nasabah apa saja berkas yang dibutuhkan dan harus dilengkapi. b.Pertama, Sidang diundur dan dijadwalkan kembali, kedua, anggota yang tidak hadir digantikan dengan pejabat lain yang memiliki wewenang. c.Marketing akan memberikan beberapa pilihan ataupun solusi untuk nasabah supaya Bank Garansi dapat cepat diterbitkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 06 Mar 2023 09:41 |
Last Modified: | 06 Mar 2023 09:41 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19545 |
Actions (login required)
View Item |