Pengaruh Metode Cross Selling dan Up Selling terhadap Keputusan Pembelian Produk Perbankan (Studi Kasus PT.BPR NSI Jencong Jember)

Sya'adah, Ely Ma'rifatus (2017) Pengaruh Metode Cross Selling dan Up Selling terhadap Keputusan Pembelian Produk Perbankan (Studi Kasus PT.BPR NSI Jencong Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ely Ma’rifatus Sya’adah_083133006.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemasaran bank adalah suatu proses menciptakan dan mempertukarkan produk atau yang ditujukan untuk memenuhi dan keinginan nasabah dengan cara memberi kepuasan. Metode cross selling dan up selling adalah salah satu bentuk dari strategi promosi yang telah dilakukan dan dikenal oleh kalangan Perusahaan. Hal ini dapat membuat nasabah untuk mengambil keputusan membeli produk perbankan dikarenakan setiap bertransaksi mendapat penawaran baru atau membuat nasabah lebih percaya akan produk yang dibeli. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) adakah pengaruh metode cross selling terhadap keputusan pembelian produk Perbankan di PT BPR NSI Kencong-Jember? 2) adakah pengaruh metode up selling terhadap keputusan pembelian produk perbankan di PT BPR NSI Kencong-Jember? 3) adakah pengaruh metode cross selling dan up selling secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian produk perbankan di PT BPR NSI Kencong-Jember? Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendekripsikan pengaruh metode cross selling terhadap keputusan pembelian produk perbankan di PT. BPR NSI Kencong-Jember. 2) Untuk mendeskripsikan pengaruh metode up selling terhadap keputusan pembelian produk perbankan di PT. BPR NSI Kencong-Jember. 3) Untuk mendeskripsikan pengaruh metode cross selling dan up selling secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian produk perbankan di PT. BPR NSI Kencong-Jember. Metode penelitian mengguanakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dengan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Adapun teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda yaitu untuk mengetahui pengaruh lebih dari satu variabel bebas terhadap satu variabel terikat. Dalam regresi linier berganda, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu uji t (parsial), uji F (simultan), koevisien Determinasi (R²). Namun sebelum melakukan analisis regresi terlebih dahulu memenuhi uji asumsi klasik. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa variabel cross selling berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk perbankan dengan memperoleh nilai signifikan 0,000 dibawah 0,05, dan up selling berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk perbankan dengan nilai signifikan 0,000 dibawah 0,05, sedangkan untuk variabel cross selling dan up selling secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk perbankan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dibawah 0,05. Besarnya pengaruh metode cross selling dan up selling terhadap keputusan pembelian produk perbankan termasuk cukup besar 57,5 %. Hasil analisis linier berganda diperoleh persamaan : Y= 2,489 + 0,266 X1 + 0,294 X2 +e Kata Kunci : Cross Selling, Up Selling dan Keputusan Nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Mar 2023 09:41
Last Modified: 06 Mar 2023 09:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19548

Actions (login required)

View Item View Item