Implementasi Peraturan Otoritas Jasa Keungan No.57/ POJK. 03 Tahuh.2016 Tentang Layanan Nasabah Prima atau Nasabah Prioritas di Bri Unit Panji Situbondo

Maulida, Jamiatul (2017) Implementasi Peraturan Otoritas Jasa Keungan No.57/ POJK. 03 Tahuh.2016 Tentang Layanan Nasabah Prima atau Nasabah Prioritas di Bri Unit Panji Situbondo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Jamiatul Maulida_083133201.pdf

Download (9MB)

Abstract

Aktifitas pelayanan jasa merupakan aktifitas yang diharapkan bank untuk meningkatkan pendapatan atas pelayanan jasa. Dalam Peraturan Otoritas Jasa Keungan No.57/ POJK. 03 Tahuh.2016 menjelaskan terkait layanan nasabah prima atau nasabah prioritas. BRI mempunyai layanan nasabah prima atau nasabah prioritas dalam meningkatkan kinerja perbankan dan kepercayaan nasabah, dengan menikmati fasilitas dan pelayanan yang eksklusif yang berbeda dengan yang lainnya, serta dapat melaksanakan berbagai transaksi dengan lebih mudah. Berdasarkan latar belakang di atas, fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana kriteria atau kategori nasabah prima atau nasabah prioritas di BRI Unit Panji Situbondo?. 2) Apa saja fasilitas yang diberikan kepada nasabah prima atau nasabah prioritas di BRI Unit Panji Situbondo?. 3) Apa saja keuntungan nasabah prima atau nasabah prioritas bagi BRI Unit Panji Situbondo? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kriteria atau kategori nasabah prima atau nasabah prioritas di BRI Unit Panji Situbondo. 2) Untuk fasilitas yang diberikan kepada nasabah prima atau nasabah prioritas di BRI Unit Panji Situbondo. 3) Untuk mengetahui keuntungan nasabah prima atau nasabah prioritas bagi BRI Unit Panji Situbondo Untuk meneliti permasalahan tersebut, peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah informan penelitian. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis data model interaktif yaitu reduksi data, penyajan data, dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian: maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) BRI Unit Panji Situbondo menggunakan pedoman POJK No57/ POJK.03 Tahun 2016 dalam menentukan kriteria atau kategori nasabah prima atau nasabah prioritas yaitu sebagai berikut: a) memiliki tabungan sebesar Rp.500.000.000,- (lima ratus juta), b) nasabah tidak tercantum dalam daftar kredit macet dan daftar hitam BI, c) nasabah wajib memiliki tabungan Britama minimal Rp. 5.000.000,- (sebagai main account). 2) fasilitas berbeda yang diterima oleh nabasabah seperti sebagai berikut : a) layanan bebas antrian, b) layanan antar jemput, c) call center khusus BRI prioritas. 3) Keuntungan yang di dapat oleh pihak bank dalam layanan nasabah prima yaitu sebagai berikut: a) untuk menambah likuiditas bank guna mengakselerasi saluran kredit, b) menentukan besarnya pendapatan yang diterimanya, karena walaupun nasabah prioritas ini jumlahnya sedikit namun jumlah dana mereka yang tersimpan di bank cukup besar, c) dapat meningkatkan penjualan produk atau jasa. Nasabah penabung yang potensial dan loyal, akan membuat bank mampu bertahan bahkan dapat meningkatkan keuntungan yang besar bagi bank.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Mar 2023 09:41
Last Modified: 06 Mar 2023 09:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19553

Actions (login required)

View Item View Item