Pengaruh Dana Obligasi Syariah Terhadap Pendapatan Operasional Bank Muamalat Indonesia Tbk, Periode 2010-2014

Laili, Lutfiatul (2017) Pengaruh Dana Obligasi Syariah Terhadap Pendapatan Operasional Bank Muamalat Indonesia Tbk, Periode 2010-2014. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lutfiatul Laili_083 133 072.pdf

Download (161MB)

Abstract

Obligasi merupakan salah satu instrumen pasar modal syariah, disamping saham syariah dan reksadana syariah. Sukuk adalah suatu kontrak perjanjian tertulis yang bersifat jangka panjang untuk membayar kembali pada waktu tertentu seluruh kewajiban yang timbul akibat pembiayaan untuk kegiatan tertentu menurut syarat dan ketentuan serta membayar sejumlah sejumlah manfaat secara periodik menurut akad. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: a) Adakah pengaruh dana obligasi syariah terhadap pendapatan operasional PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk periode 2010-2014?, b) Seberapa besar pengaruh dana obligasi syariah terhadap pendapatan operasional PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk periode 2010-2014?. Tujuan penelitian ini dilakukan a) untuk mendeskripsikan pengaruh dana obligasi syariah terhadap pendapatan operasional PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Tahun 2010-2014. b) untuk mendeskripsikan seberapa besar pengaruh dana obligasi syariah terhadap pendapatan operasional PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Tahun 2010-2014. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian time series. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah regresi linier sederhana, yaitu untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap suatu variabel terikat. Dalam analisis regresi linier ada dua hal yang harus diperhatikan, yaitu: Koefisien Determinasi (R2 ) dan Uji t. namun sebelum melakukan analisis regresi, terlebih dahulu data harus memenuhi Uji Asumsi Klasik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji t (parsial) dapat dilihat dari hasil perhitungan diketahui bahwa nilai signifikasi yang dihasilkan untuk variabel X (obligasi syariah) berpengaruh sebesar 0,040. Berdasarkan uji Adjusted R Square, nilai Adjusted R Square adalah 0,170. Hal ini berarti bahwa jumlah pendapatan operasional dapat dijelaskan oleh jumlah obligasi syariah adalah sebesar 17,0%. Sedangkan sisanya sebesar 83,0% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Kata Kunci : Obligasi Syariah, Pendapatan Operasional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Mar 2023 09:41
Last Modified: 06 Mar 2023 09:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19557

Actions (login required)

View Item View Item