Analisis Risiko dan Sistem Pengawasan Pembiayaan di BNI Syariah Cabang Jember

Amalia, Mir'atul (2017) Analisis Risiko dan Sistem Pengawasan Pembiayaan di BNI Syariah Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mir’atul Amalia_083 133 193.pdf

Download (2MB)

Abstract

BNI Syariah Cabang Jember merupakan suatu lembaga keuangan yang memiliki berbagai jenis produk pembiayaan yang sangat diminati oleh nasabah. Yang namanya pembiayaan tentunya tidak akan pernah terlepas dari yang namanya risiko yang bisa merugikan pihak Bank atau nasabah tersebut. Untuk meminimalisir terjadinya risiko maka perlu diterapkan yang namanya pengawasan dan di BNI Syariah Cabang Jember sudah menerapkan pengawasan tersebut. Risiko yang terjadi beraneka ragam dan teknik pengawasan juga beraneka ragam. Berangkat dari latar belakang tersebut, peneliti sangat tertarik untuk mengadakan penelitian tentang analisis risiko dan sistem pengawasan pembiayaan di BNI Syariah Cabang Jember, sehingga peneliti merumuskan: 1)Bagaimanakah penerapan risiko dan sistem pengawasan pembiayaan di bank BNI Syariah Kantor Cabang Jember?. 2)Bagaimana pengawasan pembiayaan yang dilakukan di BNI Syariah Cabang Jember?. 3)Bagaimana sistem pembiayaan di BNI Syariah Cabang Jember?. Tujuan yang ingin dicapai 1) Untuk mengetahui penerapan risiko dan sistem pengawasan pembiayaan di bank BNI Syariah Cabang Jember. 2) Untuk mengetahui pengawasan pembiayaan yang dilakukan di BNI Syariah Cabang Jember. 3) Untuk mengetahui sistem pembiayaan di BNI Syariah Cabang Jember. Kemudian metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif, metode analisis data dengan menggunakan analisa deskriptif, penentuan informan menggunakan metode Purposive Sampling, tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: 1) penerapan risiko dan sistem pengawasan pembiayaan di BNI Syariah adalah dengan cara memberikan beberapa persyaratan kepada nasabah dan melakukan pengecekan kesesuaian data oleh pihak audit kepada pihak pembiayaan serta menggunakan prinsip kehati- hatian 5C, 7P. 2) pembiayaan yang ada di BNI Syariah Cabang Jember meliputi pembiayaan konsumtif dan produktif , pembiayaan konsumtif adalah pembiayaan yang paling diminati oleh nasabah terutama pembiayaan yang menggunakan akad murabahah. 3) pengawasan pembiayaan yang dilakukan adalah dengan melakukan pengecekan terhadap data-data nasabah baik yang tertulis maupun tidak dan secara lisan/maupun tidak, serta melakukan pengecekan terhadap agunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Mar 2023 09:41
Last Modified: 06 Mar 2023 09:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19559

Actions (login required)

View Item View Item