Pemberdayaan Santri Melalui Kewirausahaan di Pondok Pesantren Nurul Qarnain Baletbaru Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember

Zainudin, Moh. Agus (2017) Pemberdayaan Santri Melalui Kewirausahaan di Pondok Pesantren Nurul Qarnain Baletbaru Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moh. Agus Zainudin_083 112 060.pdf

Download (23MB)

Abstract

Kewirausahaan adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang nilai, kemampuan dan perilaku seseorang dalam menghadapi tantangan hidup untuk memperoleh peluang dengan berbagai resiko yang mungkin dihadapinya. Dalam konteks bisnis, kewirausahaan adalah hasil dari suatu disiplin, proses sistematis penerapan kreativitas dan keinovasian dalam memenuhi kebutuhan dan peluang dipasar. Sedangkan Pondok Pesantren Nurul Qarnain adalah pesantren konvensional yang ingin mencetak generasi muda untuk bisa menyelami dunia dan akhiratnya. Maka dari itulah Pondok Pesantren Nurul Qarnain memberdayakan pengetahuan kewirausahaan untuk memperdalam pengetahuan santri dalam bidang duniawi, tidak dalam urusan akhirat saja. Oleh karena itulah pemberdayaan kewirausahaan santri menarik untuk dilihat sejauh mana pemberdayaan kewirausahaan yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Nurul Qarnain. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pemberdayaan kewirausahaan santri di Pondok Pesantren Nurul Qarnain Kec. Sukowono Kab. Jember? 2) Apa faktor pendukung dalam pemberdayaan kewirausahaan santri di Pondok Pesantren Nurul Qarnain Kec. Sukowono Kab. Jember? 3) Apa faktor penghambat dalam pemberdayaan kewirausahaan santri di pondok pesantren Nurul Qarnain Kec. Sukowono Kab. Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan tentang pemberdayaan kewirausahaan yang ada di Pondok Pesantren Nurul Qarnain. 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dalam pemberdayaan kewirausahaan santri di Pondok Pesantren Nurul Qarnain. 3) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dalam pemberdayaan kewirausahaan santri di Pondok Pesantren Nurul Qarnain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif, dengan menganalisis proses pemberdayaan santri oleh Pondok Pesantren Nurul Qarnain guna mengidentifikasi permasalahan tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumenter dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) proses pemberdayaan santri yang dilakukan Pondok Pesantren Nurul Qarnain ialah dengan cara Memberi pengenalan, dan pemahaman pada diri. Dan menanamkan rasa keberanian sehingga para santri mampu mengambil keputusan, bertanggung jawab, dan optimis. Serta mengajarkan para santri agar mampu menerima hal-hal yang tidak memungkinkan.2) faktor yang mendukung pemberdayaan kewirausahaan terhadap santri yaitu karena adanya menajemen yang baik dari Pondok Pesantren Nurul Qarnain. Serta adanya sistem dan pembinayang baik untuk para santri. 3) faktor penghambat pemberdayaan kewirausahaan terhadap santri yaitu karena adanya rasa jenuh dan rasa malas dari santri itu sendiri serta terkadang kurangnya fasilitas dalam menampung kebutuhan santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Mar 2023 09:41
Last Modified: 06 Mar 2023 09:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19560

Actions (login required)

View Item View Item