Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Di Bni Syariah Kantor Cabang Jember

Pujiono, Muhammad (2017) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Di Bni Syariah Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Pujiono _083 133 187.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksploratoris untuk mengetahui faktor-faktor yang menentukan pada minat nasabah menabung di PT. BNI Syariah Kantor Cabang jember. Hal ini mengacu pada kenyataan bahwa banyak bank-bank lain yang bisa disebut juga pesaing. Agar dapat bertahan, sangatlah penting untuk mengetahui faktor-faktor yang menentukan minat nasabah menabung dengan melakukan consumer research. 1. Apakah Empati mempengaruhi minat nasabah dalam menabung di BNI Syariah KC Jember? 2. Apakah kecepatan pelayanan mempengaruhi minat nasabah dalam menabung di BNI Syariah KC Jember? 3. Apakah tata ruang mempengaruhi minat nasabah dalam menabung di BNI Syariah KC Jember? 4. Apakah Lokasi mempengaruhi minat nasabah dalam menabung di BNI Syariah KC Jember? 5. Bagai mana pengaruh empati, kecepatan layanan, tataruang dan lokasi secara simultan (bersama-sama) terhadap minat nasabah dalam menabung di BNI Syariah KC Jember secara bersama-sama? 6. Seberapa besar pengaruh empati, kecepatan layanan, tataruang dan lokasi terhadap minat nasabah dalam menabung di BNI Syariah KC Jember? Untuk melihat pengaruh Empati, Kecepatan Layanan,Tata Ruang dan Lokasi terhadap minat nasabah dalam menabung di BNI Syariah KC Jember. penelitian ini mendasarkan survei nasabah pada variabel yaitu yang meliputi X1 Empati, X2 kecepatan layanan, X3 tata ruang dan X4 lokasi. Poin-poin tersebut kemudian dituangkan ke dalam sebuah kuesioner, yang terdiri dari 64 pertanyaan keseluruhan. Setelah dilakukan sorting dan juga uji validitas dan reliabilitas, hanya 15 pertanyaan yang tertinggal dalam 1 variabel terdiri dari 3 pertanyaan. Survei kemudian dilakukan kepada 99 responden. Regresi linier dipakai sebagai metode analisis data. Mula-mula regresi linier dilakukan untuk seluruh pertanyaan tanpa memisahkan. Terdapat gap antara hasil yang didapat dengan Spss 22, yaitu hanya ada satu variabel yang muncul sebagai faktor-faktor penentu untuk keseluruhan, yaitu Kecepatan Layanan. Oleh karena itu dilakukan analisis untuk masing-masing. Hasil analisis menunjukkan bahwa mempunyai hasil yang berbeda. pada ditentukan oleh Tata Ruang dan Empati, dan lokasi sedangkan untuk minat nasabah menabung, ditentukan oleh Kecepatan Layanan. Dalam hasil Uji Parsial penelitian menunjukkan bahwa dari variabel Independen Empati, Kecepatan Layanan,Tata Ruang dan Lokasi yang sangat berpengaruh terhadap minat nasabah menabung adalah Kecepatan Layanan yang menghasilkan H0 Ditolak Ha Diterima. Dalam hasil Uji bersama-bersama menunjukkan semua variabel Independen berpengaruh menunjukkan nilai Signifikansi sebesar 0,000. Dalam uji koefisien variabel Independen memiliki pengaruh sebesar 4,79% terhadap minat nasabah menabung. Kata Kunci, (Empati, Kecepatan Layanan, Tata Ruang dan Lokasi)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Mar 2023 09:42
Last Modified: 06 Mar 2023 09:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19564

Actions (login required)

View Item View Item