Analisis SWOT Pada Produk Tabungan Haji Al-Haromain Di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Jember Kota.

Dewi, Mutia Sisilia (2017) Analisis SWOT Pada Produk Tabungan Haji Al-Haromain Di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Jember Kota. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mutia Sisilia Dewi_083 133 154.pdf

Download (61MB)

Abstract

Pihak perbankan dulunya memberikan talangan haji kepada calon jamaah haji yang ingin segera mendapatkan porsi haji, tetapi dampak dari layanan tersebut menyebabkan antrian kebarangkatan haji semakin panjang karena calon jamaah haji yang membeludak. Maka dari itu pihak perbankan tidak boleh melaksanakan talangan haji oleh Bank Indonesia. Tetapi nampaknya larangan tersebut tidak berlaku bagi lembaga keungan non bank seperti BMT Sidogiri. Di lembaga ini masih terdapat produk Tabungan Haji Al – Haromain yang didalamnya juga masih menawarkan dana talangan haji kepada nasabahnya. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah Bagaimana Analisis SWOT Pada Produk Tabungan Haji Al-Haromain di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Jember Kota?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis SWOT pada produk Tabungan Haji Al-Haromain di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Jember Kota. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi partisipatif pasif, wawancara tak berstruktrur dan dokumentasi. Adapun analisis menggunakan: analisis deskriptif. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Adapun temuan dari penelitian ini yaitu: (1)Strengths pada produk tabungan haji Al-Haromain yaitu aman terhindar dari riba dan haram, mendapatkan bagi hasil yang kompetitif, tidak ada potongan tiap bulan, memperoleh porsi haji, dapat mengajukan talangan haji, dan memiliki tenaga kerja yang berkemampuan baik. (2)Weaknesses pada produk tabungan haji AlHaromain yaitu setoran awal di anggap terlalu besar dan memberatkan, jangka waktu pelunasan terlalu singkat, pembatalan nasabah haji, kurangnya pemasaran, dan target pencapaian tabungan haji tidak jelas. (3)Opportunities pada produk tabungan haji Al-Haromain yaitu masyarakat mayoritas muslim, BMT memiliki nasabah yang berloyalitas tinggi, reputasi bank yang bagus di mata masyarakat, produk tabungan haji mendapat respon baik dari masyarakat yang memiliki niatan untuk berangkat haji, dan semua wilayah berpotensi. (4) Threats pada produk tabungan haji Al-Haromain yaitu antrian haji yang sangat lama, kuota haji Indonesia yang sedikit, banyak pesaing, kondisi perekonomian masyarakat, dan kemacetan menabung maupun melunasi talangan. Kata Kunci: Analisis SWOT, Tabungan Haji

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Mar 2023 09:42
Last Modified: 06 Mar 2023 09:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19568

Actions (login required)

View Item View Item