Analisis Kinerja PT Bank Syariah Mandiri dengan Menggunakan Pendekatan Islamicity Performance Index Periode 2011-2016.

Muslimah, Nur Anisah (2017) Analisis Kinerja PT Bank Syariah Mandiri dengan Menggunakan Pendekatan Islamicity Performance Index Periode 2011-2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Anisah Muslimah_083 133 011.pdf

Download (9MB)

Abstract

Perkembangan bank syariah di Indonesia saat ini mengalami kemajuan yang pesat baik dalam kualitas maupun kuantitas. Dengan melihat hal ini tentunya juga harus diimbangi dengan kinerja bank syariah dalam mewujudkan kepercayaan dari stakeholder terhadap dana yang mereka investasikan. Sebagai suatu lembaga yang bergerak berdasarkan prinsip syariah, bank syariah memiliki karakteristik dan penilaian kinerja keuangan yang berbeda dengan bank konvensional. Islamicity Performance Index merupakan salah satu metode yang dapat digunkan untuk mengevaluasi kinerja keuangan bank syariah, tidak hanya dari segi keuangan tetapi juga mampu mengevaluasi prinsip kataatan, keadilan, kehalalan dan penyucian (tazkiyah) dari suatu perbankan syariah. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kinerja bisnis dan kinerja sosial PT Bank Syariah Mandiri dengan menggunakan pendekatan Islamicity Performance Index periode 2011-2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kinerja keuangan berdasarkan prinsip syariah yang dilihat dari kinerja bisnis dan kinerja sosial pada PT Bank Syariah Mandiri periode 2011- 2016 dengan menggunakan indikator Islamicity Performance Index. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode yang digunakan adalah analisis rasio dan analisis time series. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kinerja bisnis pada PT Bank Syariah Mandiri dapat dikatakan baik karena telah menerapkan bagi hasil yang sesuai dengan kaidah dan syariat Islam. Bank Syariah Mandiri menyalurkan pembiayaan rata-rata bagi hasil dari tahun 2011-2016 sebesar 24,36% dan juga telah menginvestasikan dananya pada sektor halal dengan rasio sebesar 100% serta telah memiliki pendapatan 99,98% yang berasal dari pendapatan halal. Sedangkan untuk kinerja sosial disimpulkan bahwa PT Bank Syariah Mandiri dapat dikatakan belum memuaskan, hal ini tercermin dari belum maksimalnya zakat yang disalurkan. Pada pendapatan yang telah diterima dari stakeholder, bank syariah telah mengeluarkan qardh dan donasi, gaji pegawai, dividen dan laba bersih yang besar yaitu 227,2% akan tetapi setiap tahun mengalami penurunan hingga sampai pada rasio dibawah 50%. Begitu juga pada perbandingan gaji direktur dengan gaji karyawan, terdapat perbedaan rata-rata gaji yang terlalu tinggi sehingga prinsip keadilan harus ditegakkan dalam institusi Islam untuk mengurangi kesenjangan pimpinan dan karyawan. Rata-rata rasio perbandingan gaji direktur dengan karyawan tahun dari 2011-2016 adalah 31 kali. Kesimpulannya bahwa Bank Syariah Mandiri lebih memprioritaskan kinerja bisnisnya dibandingkan kinerja sosialnya. Kata Kunci: Kinerja, Bank Syariah, Islamicity Performance Index.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Mar 2023 09:42
Last Modified: 06 Mar 2023 09:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19571

Actions (login required)

View Item View Item