Analisis Penaksiran Barang Jaminan Terhadap Jumlah Kredit Dalam Sistem Pegadaian (PT. Pegadaian Cabang Situbondo).

Halimah, Nur (2017) Analisis Penaksiran Barang Jaminan Terhadap Jumlah Kredit Dalam Sistem Pegadaian (PT. Pegadaian Cabang Situbondo). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Halimah_083 133 186.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pegadaian merupakan suatu lembaga keuangan non bank yang memusatkan kegiatan usahanya dibidang gadai, dalam upaya untuk membantu menunjang kestabilan perekonomian pemerintah dan mensejahterakan kehidupan masyarakat terutama masyarakat dengan golongan ekonomi menengah kebawah. PT. Pegadaian merupakan sarana pendanaan alternatif yang sudah ada sejak lama dan sudah banyak dikenal masyarakat Indonesia, terutama di kota-kota kecil. Banyak nasabah yang tertarik untuk memilih menggadaikan dikarenakan prosedur dalam pemberian gadai tidak sulit.Pegadaian lembaga yang memberikan fasilitas bagi masyarakat untuk dapat memperoleh pinjaman uang secara praktis. Pinjaman uang lebih mudah diperoleh calon nasabah karena menjaminkan barang-barang yang mudah didapat pula. Berdasarkan latar belakang diatas, fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1)Bagaimanakah kategori dan prosedur penaksiran barang jaminan?. 2) Bagaimana penerapan penaksiran barang jaminan terhadap jumlah kredit?. 3) Bagaimana menentukan jumlah dari penaksiran barang jaminan?. Tujuan Penelitin ini adalah 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan kategori dan prosedur penaksiran barang jaminan. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan penaksiran barang jaminan terhadap jumlah kredit. 3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan menentukan jumlah dari penaksiran barang jaminan. Kemudian metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif, metode analisis data dengan menggunakan analisa deskriptif, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah a) Wawancara, b) Observasi, dan c) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah a) Reduksi, b) Penyajian data, c) Keabsahan data. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian adalah Trigulasi Sumber. Hasil penelitian: maka dapat ditari kesimpulan sebagai berikut: 1) Pinjaman yang diberikan dikelompookkan sesuai dengan besarnya pinjaman, masing-masing berdasarkan nilai taksiran barang jaminan yang bersangkutan. 2) Dilihat layaknya suatu barang dan patokan harga Pegadaian mempunyai sistem tersendiri untuk menentukannya tersebut lalu dikelompokkan menjadi dua: a) Harga Pasar Setempat. b) Harga yang ditetapkan Pegadaian Pusat. 3) Penetuan nilai Pinjaman didasarkan presentase tertentu dari nilai taksiran barang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012706 al-Dhaman (Jaminan)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Mar 2023 09:42
Last Modified: 06 Mar 2023 09:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19573

Actions (login required)

View Item View Item