Audit Kinerja Operasional Pembiayaan Murabahah di Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember.

Ulfa, Nurma Zaqiatul (2017) Audit Kinerja Operasional Pembiayaan Murabahah di Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nurma Zaqiatul Ulfa_083133215.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bank syariah sebagai perantara keuangan (financial intermediary institution) tidak hanya mempunyai tugas menghimpun dana (funding) dari masyarakat, akan tetapi bank syariah juga harus menyalurkan dana (landing) dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan pembiayaan (financing) sebagai tugas pokoknya. Bank syariah tidak dapat terlepas sama sekali dari risiko pembiayaan bermasalah. Bank syariah harus berusaha menekan risiko munculnya kasus itu serendah mungkin. Secara singkat dapat dikatakan bahwa usaha menekan risiko munculnya pembiayaan bermasalah dapat dilakukan dengan jalan menjaga mutu pembiayaan yang disalurkan, maka diperlukan suatu pemeriksaan berkelanjutan atas kegiatan pembiayaan untuk memperkecil risiko yang mungkin timbul. Salah satunya adalah dengan menerapkan audit operasional yang memadai atas kegiatan pembiayaan yang telah dijalankan. Berdasarkan latar belakang di atas, fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana mekanisme audit operasional pembiayaan murabahah di BSM Kantor Area Jember?. 2) Bagaimana peran audit operasional dalam meningkatkan efektivitas pembiayaan murabahah di BSM Kantor Area Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui mekanisme audit operasional pembiayaan murabahah di BSM Kantor Area Jember. 2) Untuk mengetahui peranan audit operasional dalam meningkatkan efektivitas pembiayaan murabahah di BSM Kantor Area Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, sedangkan subyek penelitiannya menggunakan purposive sampling, teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui empat cara yaitu menelaah data, reduksi data, abstraksi, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan perpanjangan pengamatan. Dari analisis data tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Audit operasional atas kegiatan pembiayaan murabahah pada BSM Kantor Area Jember telah memadai, dimana audit operasional telah dilaksanakan dengan dengan proses yang sistematis yang mengacu pada Standar Pelaksanaan Fungsi Audit Intern Bank (SPFAIB) yang tertera pada Peraturan Bank Indonesia no. 1 tahun 1999 tentang Penugasan Direktur Kepatuhan (Compliance Director) dan Penerapan Standar Pelaksanaan Fungsi Audit Intern Bank Umum, dan Standar Operasional Prosedur (SOP) dari Bank Syariah Mandiri. 2) Audit operasional atas kegiatan pembiayaan murabahah sangat berperan dalam meningkatkan efektivitas kegiatan pembiayaan murabahah pada BSM Kantor Area Jember dibuktikan dengan kualitas pembiayaan murabahah yang rata-rata berkolektibilitas lancar. Bank Syariah Mandiri juga mampu menurunkan tingkat NPF yang dicapai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Mar 2023 09:43
Last Modified: 06 Mar 2023 09:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19580

Actions (login required)

View Item View Item