Kontribusi Praktik Gadai Emas Dalam Peningkatan Fee Based Income Bank Syariah Mandiri (BSM) Kantor Area Jember

Aini, Qurrotul (2017) Kontribusi Praktik Gadai Emas Dalam Peningkatan Fee Based Income Bank Syariah Mandiri (BSM) Kantor Area Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Qurrotul Aini_083133026.pdf

Download (9MB)

Abstract

PT Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember adalah bank yang menjalankan kegiatan operasionalnya berdasarkan prinsip syariah. Salah satu bentuk transaksi di PT Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember adalah gadai emas. Di tengah kondisi perbankan syariah yang tidak semua memiliki produk gadai emas, bahkan terdapat bank umum syariah yang sudah vakum. Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember mampu mempertahankan produk gadai emas dan tumbuh setiap tahun. Gadai emas merupakan penyumbang kontribusi terbesar dalam fee based income Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember. Fokus penelitian skripsi ini adalah: 1) Bagaimana praktik gadai emas di Bank Syariah Mandiri (BSM) Kantor Area Jember?. 2) Bagaimana kontribusi gadai emas dalam peningkatan fee based income di Bank Syariah Mandiri (BSM) Kantor Area Jember?. Tujuan penelitian ini dilakukan: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan praktik gadai emas di Bank Syariah Mandiri (BSM) Kantor Area Jember. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan kontribusi gadai emas dalam peningkatan fee based income di Bank Syariah Mandiri (BSM) Kantor Area Jember. Penelitian ini diidentifikasi dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Dilihat dari jenisnya, penelitian ini menggunakan jenis studi kasus, yang mana peneliti langsung terjun ke lapangan untuk memperoleh data yang lengkap dan valid. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Produk gadai emas merupakan bisnis yang sangat menjanjikan. Akad yang digunakan dalam produk gadai emas di Bank Syariah Mandiri yakni, akad rahn, qardh, dan ijarah. Adapun prosedur pelaksanaan gadai emas di Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember adalah sebagai berikut: Nasabah datang ke konter layanan gadai Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember dengan membawa emas dan fotokopi KTP, membuka rekening tabungan Bank Syariah Mandiri (bagi yang belum), proses by sistem, penaksiran barang gadai (emas) dan perhitungan oleh penaksir, tandatangan tangan akad, dan pencairan di teller. Gadai emas yang sudah jatuh tempo dapat dilunasi di teller Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember dengan membawa Surat Bukti Gadai Emas (SBGE). Apabila nasabah melunasi sebelum jatuh tempo, maka nasabah harus ke konter gadai untuk menghitung biaya pemeliharaan terlebih dahulu dan itu tidak boleh diwakilkan kecuali ada surat kuasa dari pemegang surat. 2) Kontribusi gadai emas terhadap fee based income Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember yaitu pendapatan sewa. Jadi pendapatan/ujroh dari setiap transaksi otomatis masuk pada fee based income. Kata kunci: Kontribusi, Gadai Emas, Fee Based Income.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Mar 2023 09:43
Last Modified: 06 Mar 2023 09:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19584

Actions (login required)

View Item View Item