Perlindungan Dana Simpanan Anggota di BMT-UGT Sidogiri Capem Jember Kota.

Musyarrofah, Rizki Lailya (2017) Perlindungan Dana Simpanan Anggota di BMT-UGT Sidogiri Capem Jember Kota. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rizki Lailya Musyarrofah_083 133 143.pdf

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan peraturan perundang-undangan yang ada yang mengatur perkoperasian, lebih khususnya lagi mengenai Koperasi Simpan Pinjam, yaitu Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian belum terdapat adanya pengaturan secara khusus mengenai perlindungan bila terjadi penyimpangan terhadap dana nasabah yang berakibat kerugian bagi nasabah. Nasabah bersedia menyimpan dananya pada BMT yang bersangkutan apabila nasabah percaya bahwa BMT mau dan mampu untuk membayar kembali dana itu apabila dana tersebut akan di ambil kembali. Dalam skripsi ini, penulis membahas mengenai 1) Bagaimana perlindungan dana simpanan anggota di BMT-UGT Sidogiri Capem Jember Kota, 2) Apa sajakah faktor pendukung dan penghambat perlindungan dana simpanan anggota di BMT-UGT Sidogiri Capem Jember Kota. Tujuan dari penelitian adalah 1) Untuk mengetahui perlindungan dana simpanan anggota di BMT-UGT Sidogiri Capem Jember Kota, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat perlindungan dana simpanan anggota di BMT-UGT Sidogiri Capem Jember Kota. Metode penelitian dalam penulisan ini adalah metode kualitatif, yaitu dengan mengambil informasi di BMT Sidogiri Capem Jember Kota. Pengumpulan data di lakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data digunakan dengan deskriptif kualitatif karena peneliti bermaksud membuat deskriptif mengenai kejadian-kejadian selama penelitian. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah 1) perlindungan dana simpanan anggota di BMT-UGT Sidogiri Capem Jember Kota yaitu perlindungan hukum adanya Undang-Undang Koperasi Indonesia yang berbadan hukum No. 199/PAD/M.KUKM.2/II/2015, perlindungan yang dihasilkan oleh pengawasan oleh audit dari pusat setiap tiga bulan sekali, BMT Sidogiri menyediakan informasi kepada nasabah jika melakukan transaksi dengan adanya sms notifikasi dan aplikasi mobile UGT. 2) Faktor pendukung perlindungan dana simpanan anggota adalah BMT Sidogiri menghimpun dan menyalurkan dana dalam bentuk pembiayaan, dalam memelihara tingkat kesehatan BMT Sidogiri harus bisa mempertahankan likuiditas, BMT Sidogiri melakukan usaha berdasarkan prinsip kehati-hatian untuk mewujudkan manajeman yang baik dan mentaati peraturan SOP, melakukan pemberian kredit harus memenuhi prinsip 5C (Character, Capasity, Capital, Colleteral, dan Condition). Faktor penghambat yaitu BMTUGT Sidogiri Capem Jember Kota tidak memiliki lembaga lain seperti LPS yang bisa menjamin simpanan nasabah tetapi BMT Sidogiri bertanggung jawab untuk memenuhi kewajiban para nasabah jika mengalami kerugiaan dan kegagalan. Kata Kunci: Perlindungan Dana Nasabah, Baitul Mal wat Tamwil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Mar 2023 09:43
Last Modified: 06 Mar 2023 09:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19588

Actions (login required)

View Item View Item