Peran Mini Banking Dalam Meningkatkan Kemudahan Bertransaksi Dan Pemahaman Tentang Operasional Perbankan Studi Kasus SMK Negeri 1 Bondowoso.

Hartika, Siti (2017) Peran Mini Banking Dalam Meningkatkan Kemudahan Bertransaksi Dan Pemahaman Tentang Operasional Perbankan Studi Kasus SMK Negeri 1 Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Hartika_083133159.pdf

Download (4MB)

Abstract

SMK Negeri 1 Bondowoso yang merupakan salah satu sekolah yang memiliki program keahlian perbankan serta memiliki fasilitas Mini Banking yang dapat digunakan sebagai tempat praktek dan melakukan transaksi kegiatan perbankan yang mana dalam hal ini kemampuan siswa menjadi tolak ukur atas adanya fasilitas Mini Banking yang dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman lebih terhadap peningkatakan hasil belajarnya. Maka SMK Negeri 1 Bondowoso mengembangkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kompetensi peserta didiknya. Dimana proses pembelajaran di dalam kelas tidak hanya mengandalkan teori tetapi juga harus diikuti dengan praktek untuk menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari, agar setelah lulus dari sekolah mereka tidak hanya pintar dalam teori tetapi mereka miskin aplikasi. Untuk menyikapi hal tersebut maka perlu diadakan perubahan metode pembelajaran. Dengan didirikannya Mini Banking (Laboratorium Perbankan) hal ini dapat mengurangi kesenjangan antara teori dan praktek. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana layanan Mini Banking dalam meningkatkan kemudahan transaksi bagi civitas individu SMKN 1 Bondowoso?, 2) Bagaimana peran Mini Banking Dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang sebagian operasional perbankan? Tujuan penelitian ini dilakukan untuk Mengetahui layanan Mini Banking dalam meningkatkan kemudahan transaksi bagi civitas individu SMKN 1 Bondowoso. Untuk Mengetahui peran Mini Banking dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang sebagian operasional perbankan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field reaserch). Dengan menganalisis peran Mini Banking dalam meningkatkan kemudahan bertransaksi dan meningkatkan pemahaman siswa tentang operasional perbankan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, obsevasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Mini Banking melayani beberapa transaksi diantaranya tabungan, pembayaran, dan simpan pinjam yang dapat mempermudah siswa dan guru serta karyawan dalam memenuhi kebutuhannya. Mini Banking tidak hanya dimanfaatkan oleh warga SMK Negeri 1 Bondowoso akan tetapi juga dimanfaatkan oleh beberapa warga sekitar dan wali murid yang menabung dan menarik tabungannya. Mini banking memberikan dampak positif dan manfaat lebih bagi kesejahteraan warga sekolah serta menjadi pemicu meningkatnya minat menabung. 2) Mini banking sangat berperan aktif dalam membantu siswa untuk memahami alur proses perbankan. Karena dengan adanya Mini Banking siswa dapat melaksanakan praktek secara langsung dan nyata dalam melayani nasabah. Kata kunci: Mini Banking dan Operasional Perbankan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Mar 2023 09:43
Last Modified: 06 Mar 2023 09:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19592

Actions (login required)

View Item View Item