Analisis Risiko Pembiayaan KPR Bersubsidi Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) di BRISyariah KCP. Rogojampi Banyuwangi.

Ulfa, Siti Mariatu (2017) Analisis Risiko Pembiayaan KPR Bersubsidi Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) di BRISyariah KCP. Rogojampi Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Mariatu Ulfa_083133027.pdf

Download (8MB)

Abstract

Bank syariah adalah bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah sesuai dengan hukum islam. Prinsip syariah yang diterapkan oleh bank syariah adalah pembiayaan. Salah satu objek pembiayaan yang digunakan adalah kepemilikan rumah bersubsidi Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dengan menggunakan akad murabahah bil wakalah. Hal ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang ingin mempunyai rumah dengan fasilitas yang diberikan oleh pemerintah melalui pembiayaan KPR bersubsidi Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : a). Bagaimana risiko pada pembiayaan KPR bersubsidi Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) di BRISyariah KCP. Rogojampi Banyuwangi, b). Bagaimana cara BRISyariah KCP. Rogojampi Banyuwangi dalam mengantisipasi risiko pada pembiayaan KPR bersubsidi Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) supaya tidak terjadi NPF, c). Bagaimana analisis akad dan risiko pada pembiayaan KPR bersubsidi Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) di BRISyariah KCP. Rogojampi Banyuwangi. Tujuan penelitian ini adalah : a). Untuk mengetahui risiko pada pembiayaan KPR bersubsidi Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) di BRISyariah KCP. Rogojampi Banyuwangi, b). Untuk mengetahui cara BRISyariah KCP, Rogojampi Banyuwangi dalam mengantisipasi risiko pada pembiayaan KPR bersubsidi Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) supaya tidak terjadi NPF, c). Untuk mengetahui analisis akad dan risiko pada pembiayaan KPR bersubsidi Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) di BRISyariah KCP. Rogojampi Banyuwangi. Penelitian ini dilakukan di BRISyariah KCP. Rogojampi Banyuwangi dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif. Subyek penelitian yaitu di ambil dengan teknik purposive. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian bahwa risiko pembiayaan KPR bersubsidi (FLPP) sangat kecil antara 1-5 %. Cara yang dilakukan dalam mengantisipasi risiko pembiayaan KPR bersubsidi (FLPP) supaya tidak terjadi NPF dengan cara melakukan pemasangan APHT (Akta Pembebanan Hak Tanggungan) pada jaminan nasabah, melakukan pemasangan Buyback guarantee dari Developer, melakukan pemasangan asuransi jiwa dan PHK, melakukan kuasa jual, pernyataan khusus dari nasabah atas kewajiban di bank tersebut, blokir 1 kali angsuran. Kata Kunci : Risiko, Pembiayaan KPR bersubsidi Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Mar 2023 09:43
Last Modified: 06 Mar 2023 09:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19594

Actions (login required)

View Item View Item