Strategi Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember dalam Mempertahankan Posisi Market Leader Pada Produk Cicil Emas.

Zainab, Siti (2017) Strategi Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember dalam Mempertahankan Posisi Market Leader Pada Produk Cicil Emas. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Zainab_083133038.pdf

Download (12MB)

Abstract

Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember merupakan lembaga keuangan yang masih bertahan menerapkan pembiayaan cicil emas. Dimana setiap tahunnya produk pembiayaan cicil emas mengalami growth (pertumbuhan). Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: a) Bagaimana penerapan cicil emas di Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember, b) Bagaimana strategi Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember dalam mempertahankan posisi market leader pada produk cicil emas, c) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat strategi pemasaran produk cicil emas di Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember. Tujuan penelitian ini adalah: a) Untuk mengetahui penerapan produk cicil emas di Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember, b) Untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember dalam mempertahankan posisi market leader pada produk cicil emas, c) Untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat strategi pemasaran produk cicil emas di Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember. Penelitian skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif yakni merupakan salah satu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan perilaku orang-orang yang diamati. Jenis penelitian yang digunakan studi kasus yakni peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data yang lengkap dan valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan produk cicil emas tidaklah serumit dengan pembiayaan lainnya, dari segi syarat-syaratnya (KTP, NPWP jika pembiayaan diatas 50 juta), pemberian cicil emas, angsuran dan pelunasan cicil emas. Strategi pemasaran yang digunakan Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember yakni dengan sosialisasi, periklanan, dan Personal Selling. Faktor pendukung dari pemasaran cicil emas meliputi Kemampuan marketing dalam menyampaikan materi saat melakukan pemasaran, menjalin hubungan baik dengan beberapa instansi, dan adanya referal nasabah, sedangakan untuk faktor penghambat pemasarannya terjadinya penolakan, kurangnya pemahaman masyarakat dengan bahasa brosur. Kata kunci: Strategi , mempertahankan posisi market leader, produk cicil emas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Mar 2023 09:44
Last Modified: 06 Mar 2023 09:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19599

Actions (login required)

View Item View Item