Analisis perbandingan sistem penetapan harga jual untuk produk pemilikan rumah (Studi kasus BRI Sariah KCP Genteng dan BRI KC Genteng).

Prasetyo, Tri Joko (2017) Analisis perbandingan sistem penetapan harga jual untuk produk pemilikan rumah (Studi kasus BRI Sariah KCP Genteng dan BRI KC Genteng). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Tri Joko Prasetyo_083 133 024.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pada pembiayaan pemilikan rumah pada bank BRISyariah menggunakan akad murabahah atau jual beli, dimana seperti plafon, harga, penjualan, marjin, denda, jumlah angsuran dan jangka waktu yang diberikan harus disampaikan diawal akad. Inilah yang menjadi ciri khas pada pembiayaan bank BRISyariah karena menggunakan prinsip islam yaitu transparan.Berbeda dengan bank BRI yang konvensional yang jumlah angsurannya berpacu pada suku bunga Bank Indonesia, jadi nasabah tidak bisa mengkalkulasikan sendiri. Pada penelitian ini, peneliti membuat beberapa fokus masalah yang diantaranya: 1). Sistem pemberian pembiayaan murabahah untuk produk pembiayaan rumah pada BRI Syariah dan sistem pembiayaan rumah pada BRI Konvensional. 2).Sistem penetapan harga jual untuk produk pemilikan rumah pada BRI Syariah dan BRI Konvensional. Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui perbedaan perbandingan sistem pemberian pembiayaan murabahah untuk produk pembiayaan rumah pada BRI Syariah dan BRI Konvensional. 2). Untuk mengetahui sistem penetapan harga jual untuk produk pemilikan rumah pada BRI Syariah dan BRI Konvensional. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu Masing-masing bank memiliki kelebihan dan kekurangan, diantaranya: 1). Bank BRISyariah dalam menentukan angsuran nasbah bersifat tetap, tidak fluktuatif seperti bank BRI konvensionaldanMarjin sudah ditetapakan diawal akad dengan kespakatan keduabelah pihak anatara nasabah dan pihak bank. 2). Bank BRISyariah hanya memberi pembiayaan yang sesuai dengan prinsip syariah, pada bank BRISyariah tidak bisa membuat perubahan dalam akad karna sudah melalui kesepakatan antara kedua belah pihak antara bank dengan nasabah serta jangka waktu pembiayaan murabahah ditetapkan diawal akad.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Mar 2023 09:44
Last Modified: 06 Mar 2023 09:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19601

Actions (login required)

View Item View Item