Pengaruh Promotion Mix Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah produk Gadai Emas PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Fungsional Operasional (KFO) Pos Banyuwangi

Mawaddah, Umdatul (2016) Pengaruh Promotion Mix Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah produk Gadai Emas PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Fungsional Operasional (KFO) Pos Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Umdatul Mawaddah_083123033.pdf

Download (9MB)

Abstract

Keputusan menjadi nasabah adalah harapan setiap perusahaan perbankan. Keputusan menjadi nasabah untuk produk sangat menunjang kelangsungan perusahaan untuk perkembangan bisnis yang dijalankan dalam jangka panjang. Keputusan untuk menjadi nasabah tergantung dari apa yang dilihat dan dirasakan nasabah terhadap suatu produk, sehingga nasabah dapat memberikan keputusan untuk menggunakan produk terhadap bank syariah mandiri tersebut. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: (1) Apakah ada Pengaruh promotion mix terhadap keputusan menjadi nasabah produk gadai emas? (2) Apakah ada Pengaruh periklanan terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Produk Gadai Emas? (3) Apakah ada Pengaruh Promosi Penjualan terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Produk Gadai Emas? (4) Apakah ada Pengaruh Publisitas terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Produk Gadai Emas? (5) Apakah ada Pengaruh Penjualan Pribadi terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Produk Gadai emas? (6) Seberapa besar Pengaruh Promotion Mix ( periklanan, promosi penjualan, publisitas, penjualan pribadi) terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Produk Gadai Emas? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh promotion mix yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, publisitas, penjualan pribadi terhadap keputusan menjadi nasabah produk gadai emas PT. Bank Syariah Mandiri secara simultan dan parsial. Serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang ditunjukkan oleh variabel yang diteliti. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis field research. Metode analisis yang diggunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis menggunakan uji F, uji t, serta koefisien determinasi (R2 ). Berdasarkan hasil Secara simultan terdapat pengaruh promotion mix terhadap keputusan menjadi nasabah produk gadai emas bank syariah mandiri dengan sig 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil uji parsial, terdapat pengaruh periklanan terhadap Keputusan Menjadi Nasabah produk gadai emas Bank Syariah Mandiri secara parsial dengan sig 0,032 < 0,05. Ada pengaruh promosi penjualan terhadap Keputusan Menjadi nasabah produk gadai emas Bank Syariah Mandiri secara parsial dengan sig 0,020 < 0,05, tidak ada pengaruh publisitas terhadap keputusan menjadi nasabah produk gadai emas Bank Syariah Mandiri secara parsial dengan sig 0,225 > 0,05. dan terdapat pengaruh penjualan pribadi terhadap keputusan menjadi nasabah produk gadai emas bank syariah mandiri secara parsial dengan sig 0,000 < 0,05. Sedangkan, besar pengaruh yang ditimbulkan sebesar 69,4% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Kata Kunci : Promotion Mix , Keputusan Menjadi Nasabah, gadai emas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Mar 2023 09:44
Last Modified: 06 Mar 2023 09:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19603

Actions (login required)

View Item View Item