Peran Pengendalian Internal Terhadap Pelayanan Frontliner Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember

Hasanah, Uswatun (2017) Peran Pengendalian Internal Terhadap Pelayanan Frontliner Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Uswatun Hasanah_083 133 176.pdf

Download (4MB)

Abstract

PT Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember adalah bank yang menjalankan kegiatan operasionalnya berdasarkan prinsip syariah. Kualitas pelayanan merupakan faktor kunci yang menjadi keunggulan daya saing di dunia perbankan karena bank merupakan suatu perusahaan jasa. Persaingan yang semakin tinggi dalam dunia perbankan menuntut Bank Syariah Mandiri untuk terus meningkatkan kinerjanya dengan cara menarik nasabah dan menumbuhkan sikap loyalitas nasabah dengan memberikan pelayanan yang baik. Untuk itu Bank Syariah Mandiri harus memberikan pelayanan yang berkualitas sesuai dengan keinginan nasabah. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran lingkungan pengendalian internal terhadap pelayanan frontliner pada Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember? 2) Bagaimana peran aktivitas pengendalian internal terhadap pelayanan frontliner pada Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember?. Tujuan utama penulisan skripsi ini adalah: 1) untuk mengetahui peran lingkungan pengendalian internal terhadap pelayanan frontliner pada Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember. 2) untuk mengetahui peran aktivitas pengendalian internal terhadap pelayanan frontliner pada Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember. Penelitian ini diidentifikasi dengan menggunakan metode pendekatan kualiatatif. Dilihat dari jenisnya, penelitian ini menggunakan jenis studi kasus, yang mana peneliti langsung terjun ke lapangan untuk memperoleh data yag lengkap dan valid. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) peran lingkungan pengendalian internal terhadap pelayanan frontliner dapat meminimalisir risiko kecurangan atau ketidakdisiplinan, dalam hal ini lebih menfokuskan pada individu nya. Diantaranya: nilai-nilai etika, komitmen dalam berkompetensi, partisipasi dewan dan direksi, gaya operasi manajemen, struktur organisasi, praktek SDM. 2) peran aktivitas pengendalian internal terhadap pelayanan frontliner. Diantaranya: pemisahan tugas, otorisasi yang sesuai, dokumen dan catatan yang memadai, pengendalian fisik, pemeriksaan kinerja. Aktivitas pengendalian internal ini, yang membantu memastikan bahwa tindakan yang berjalan di perusahaan sudah sesuai dengan prosedur atau menyimpang, dalam hal ini lebih menfokuskan pada tindakan atau hasil pekerjaan setiap karyawan. Kata kunci: Pengendalian Internal dan Pelayanan Frontliner

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Mar 2023 09:44
Last Modified: 06 Mar 2023 09:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19604

Actions (login required)

View Item View Item