Analisis Pengaruh Locus of Control Terhadap Kinerja Dengan Etika Kerja Islam Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Karyawan PT. Bank BNI Syariah KC Jember.

Maula, Zahrona 'Arifatul (2017) Analisis Pengaruh Locus of Control Terhadap Kinerja Dengan Etika Kerja Islam Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Karyawan PT. Bank BNI Syariah KC Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Zahrona ‘Arifatul Maula_083 133 047.pdf

Download (5MB)

Abstract

Globalisasi telah menciptakan pemikiran yang membuat dunia semakin lepas kendali, kehilangan kontrol. Maka dari itu, individu memainkan peranan penting dalam perilaku manusia. Dalam ilmu ekonomi lebih dikenal dengan manajemen sumber daya manusia (SDM) dimana merupakan salah satu faktor kunci untuk mendapatkan kinerja terbaik. Kendali diri atau locus of control memiliki korelasi dengan etika kerja. Individu yang cenderung pada etika kerja, maka locus of control nya lebih tinggi. Hubungan antara tingkat religiusitas dan sikap karyawan dapat dijelaskan dari sudut pandang teori personality yang dinyatakan bahwa tingkat religiusitas akan menjadi bagian dari identitas diri seseorang (personality). Personality itu sendiri terutama locus of control pada gilirannya menjadi faktor penting untuk menentukan perilaku di dalam organisasi maupun sikap kerja karyawan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Apakah locus of control berpengaruh terhadap kinerja karyawan PT. Bank BNI Syariah KC Jember? (2) Apakah etika kerja Islam sebagai variabel moderating berpengaruh terhadap kinerja karyawan PT. Bank BNI Syariah KC Jember? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh locus of control terhadap kinerja karyawan PT. Bank BNI Syariah KC Jember dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh etika kerja islam sebagai variabel moderating terhadap kinerja karyawan PT. Bank BNI Syariah KC Jember. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis field research. Metode analisis yang di gunakan adalah uji validitas dan reliabilitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis menggunakan Uji T dan Uji F serta koefisien determinasi (R Square). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel locus of control secara parsial berpengaruh sangat rendah dan tidak siginifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai signifikansi 0,385. Dan Variabel etika kerja Islam berpengaruh sangat rendah terhadap kinerja karyawan dan kurang tepat jika digunakan sebagai variabel pemoderasi (moderating) dengan siginifikansi 0,595. Kata Kunci: Locus of Control, Etika Kerja Islam dan Kinerja Karyawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160799 Social Work not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Mar 2023 09:44
Last Modified: 06 Mar 2023 09:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19607

Actions (login required)

View Item View Item