Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Customer Retention PT. Pegadaian (Persero) Syariah Cabang Pembantu Syariah Ahmad Yani Jember.

Mawaddah, Zahrotul (2017) Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Customer Retention PT. Pegadaian (Persero) Syariah Cabang Pembantu Syariah Ahmad Yani Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Zahrotul Mawaddah_083 133 059.pdf

Download (4MB)

Abstract

Era globalisasi membuat pelaku bisnis merasakan adanya persaingan yang semakin ketat. Sudah menjadi kewajiban pelaku bisnis untuk mendapatkan keunggulan bersaing sehingga dapat memenangkan persaingan tersebut. Untuk meningkatkan segmen pasar membutuhkan yang namanya strategi pemasaran, Salah satu alternatif strategi yang dapat digunakan adalah custumer retention (mempertahankan pelanggan). Retensi Pelanggan (mempertahankan pelanggan) lebih murah dalam biaya dibandingkan mencari pelanggan yang baru. Karena mendapatkan pelanggan yang baru bisa menghabiskan biaya lebih besar daripada biaya yang tercakup dalam memuaskan dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Untuk mengendalikan persaingan dalam bisnis digunakan etika bisnis Islam. Terdapat prinsip yang menjadi acuan dalam melakukan bisnis sesuai dengan ajaran Islam, yaitu keadilan (unity), keseimbangan (equilibrium), kehendak bebas (free will), tanggung jawab (responsibility), dan kebenaran. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah:(1) Apakah penerapan etika bisnis Islam berpengaruh secara parsial terhadap customer retention PT. Pegadaian (Persero) syariah Cabang Pembantu Syariah Ahmad Yani Jember? (2) Seberapa besar pengaruh penerapan etika bisnis Islam terhadap customer retention PT. Pegadaian (Persero) Syariah Cabang Pembantu Syariah Ahmad Yani Jember? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh secara parsial dari penerapan etika bisnis Islam terhadap customer retention PT. Pegadaian (Persero) Syariah Cabang Pembantu Syariah Ahmad Yani Jember dan seberapa besar pengaruh yang ditunjukkan oleh variabel yang diteliti. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis field research. Metode analisis yang di gunakan adalah uji validitas dan reliabilitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana, pengujian hipotesis menggunakan Uji T dan koefisien determinasi (R Square). Berdasarkan hasil pengujian secara parsial terdapat pengaruh penerapan etika bisnis Islam terhadap customer retention PT. Pegadaian (Persero) Syariah Cabang Pembantu Syariah Ahmad Yani Jember dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Sedangkan, besar pengaruh yang dihasilkan dari Uji Adj R Square yakni sebesar 30,9% sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini. Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Customer Retention.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Mar 2023 09:44
Last Modified: 06 Mar 2023 09:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19608

Actions (login required)

View Item View Item