Strategi Promosi Produk Bank Syariah Studi Kasus Bank Syariah Mandiri (BSM) KC Banyuwangi.

Rofiq, Zulfian Ainur (2016) Strategi Promosi Produk Bank Syariah Studi Kasus Bank Syariah Mandiri (BSM) KC Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Zulfian Ainur Rofiq_083123025.pdf

Download (7MB)

Abstract

Saat ini perbankan syariah sudah bukan menjadi hal yang baru dalam dunia perbankan nasional. Keadaan ini tersirat dari antusiasme masyarakat dari berbagai lapisan. Mulai dari ulama, masyarakat, praktisi dan akademisi mulai melirik sistem perbankan yang baru muncul dan mulai melakukan ekplorasi terhadap aspek teori maupun praktek. Sekarang telah banyak bank lain yang mendirikan unit syariah, mulai dari bank plat merah maupun bank swasta. Namun, walaupun antusiasme masyarakat besar, perbankan syariah masih belum memberikan signifikansi penambahan market sharenya terhadap perbankan nasional. Saat ini, market share perbankan syariah masih kurang dari 5%. Berbagai penyebab yang menjadi penghalang laju pertumbuhan ini telah menjadi perhatian khusus oleh para pemerhati perbankan syariah. Dalam usaha memperbesar market sharenya, bank syariah harus memiliki strategi yang baik dalam memasarkan produk-produk yang dimilikinya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: a) Bagaimana strategi promosi produk di BSM KC Banyuwangi, b) Bagaimana tahap pelaksanaan promosi produk bank syari’ah di BSM KC Banyuwangi, c) Apa saja kendala dan tantangan dalam mempromosikan produk di BSM KC Banyuwangi. Tujuan penelitian ini adalah: a) Untuk mengetahui strategi yang diterapkan oleh BSM KC Banyuwangi dalam mempromosikan produknya, b) Untuk mengetahui tahap-tahap pelaksanaan promosi produk bank syari’ah di BSM KC Banyuwangi, c) Untuk mengetahui kendala dan tantangan yang dihadapi BSM KC Banyuwangi dalam mempromosikan produknya. Penelitian ini dilakukan di Bank Syariah Mandiri (BSM) dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Dilihat dari jenisnya, penelitian ini menggunakan jenis field research (penelitian lapangan), yang mana penelitian ini lebih menitikberatkan kepada hasil pengumpulan data dari informan yang telah ditentukan. Hasil penelitian bahwa strategi yang digunakan oleh Bank Syariah Mandiri (BSM) adalah periklanan, personal selling dan publisitas di sektor pembiayaan. Sedangkan di sektor pendanaan dan jasa menggunakan periklanan, promosi penjualan, personal selling dan publikasi. Tahapan dalam melakukan promosi produk yang dilakukan yaitu menentukan tujuan, mengidentifikasi pasar yang dituju, menyusun anggaran, memilih berita, memilih media. Kendala dan hambatan yang dialami dalam melakukan promosi produk ialah mengenai biaya atau anggaran, tenaga pemasar dirasa kurang mencukupi dari target yang diharapkan, kurangnya pemahaman masyarakat akan perbankan syariah, dan kurangnya edukasi dan sosialisai oleh pemerintah Kata Kunci: Strategi, Promosi, Produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Mar 2023 09:44
Last Modified: 06 Mar 2023 09:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19610

Actions (login required)

View Item View Item