Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT Usaha Gabungan Terpadu (UGT) Pasuruan

Maharudin, Achmad (2019) Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT Usaha Gabungan Terpadu (UGT) Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Achmad Maharudin_E20151018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Negara indonisia adalah Negara satu-satunya yang memiliki lembaga keuangan mikro syariah yang disebut Baitul Maal Wa Tamwil (BMT). Melihat dari segi pertumbuhan BMT di indonisia cukup signifikan, serta jumlah BMT bisa yang bersaing dengan lembaga keuangan lainnya, maka perlunya memperhatikan segi pelayanan agar tidak ketinggalan dengan lembaga keuangan yang lain, oleh karena itu salah satu hal yang penting dalam lembaga keuangan yaitu layanan jasa yang diberikan agar nasabah merasa aman. Penelitian ini menganalisa pengaruh kualitas layanan jasa yang terdiri atas kualitas interaksi, kualitas lingkungan, dan kualitas hasil terhadap kepuasan penguna jasa BMT UGT Sidogiri Pasuruan. Rumusan masalah penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Apakah ada pengaruh signifikan variabel interaksi terhadap kepuasan nasabah Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT Usaha Gabungan Terpadu (UGT) Sidogiri Pasuruan secara Parsial ? (2) Apakah ada pengaruh signifikan variabel lingkungan terhadap kepuasan nasabah Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT Usaha Gabungan Terpadu (UGT) Sidogiri Pasuruan secara Parsial ? (3) Apakah ada pengaruh signifikan variabel hasil terhadap kepuasan nasabah Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT Usaha Gabungan Terpadu (UGT) Sidogiri Pasuruan secara Parsial ? (4) Apakah ada pengaruh signifikan variabel dimensi interaksi, dimensi lingkungan dan dimensi produk jasa itu sendiri terhadap kepuasan nasabah Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT Usaha Gabungan Terpadu (UGT) Sidogiri Pasuruan secara simultan ? Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu mengunakan angket, observasi dan dokumentasi. Pada penelitian ini mengunakan metode analisis uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik mengunakan normalias, multikolonieritas dan heteroskedastisitas sedangkan analisis regresi berganda mengunakan uji t, uji f dan R2. Dari analisis regresi berganda dapat disimpulkan bahwa: (1) Berdasarkan uji t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,397, karena nilai signifikansi di atas 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa kualitas interaksi berpengaruh tapi tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah. (2) Berdasarkan uji t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,756, karena nilai signifikansi di atas 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa kualitas lingkungan tidak berpengaruh tapi tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah. (3) Berdasarkan uji t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000, karena nilai signifikansi di dibawah 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa kualitas hasil berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. (4) Kualitas interaksi, kualitas lingkungan dan kualitas hasil menunjukkan bahwa nilai yang dihasilkan ialah lebih kecil dari 0,05, yaitu sebesar 0,000. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan secara bersama-sama berpengaruh. Kata kunci: Kualitas Layanan, Kualitas Interaksi, Kualitas Lingkungan, Kualitas Hasil ,Kepuasan Pelanggan,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:26
Last Modified: 07 Mar 2023 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19612

Actions (login required)

View Item View Item