Analisis Pengajuan Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor (OTO) di PT Asuransi Jasa Indonesia Cabang Jember

Nurrahman, Adi (2019) Analisis Pengajuan Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor (OTO) di PT Asuransi Jasa Indonesia Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Adi Nurrahman_083 143 305.pdf

Download (1MB)

Abstract

Asuransi kendaraan bermotor adalah suatu pertanggungan kerugian yang khusus untuk melindungi tertanggung dalam adanya risiko kerusakan atau kerugian yang ditimbulkan dari berbagai macam kejadian yang menyangkut hingga kepemilikan kendaraan bermotor. Dalam hal asuransi tertanggung dapat mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi untuk mendapatkan pembayaran ganti kerugian atas terjadinya risiko, dimana risiko tersebut harus termuat dalam polis. Dalam praktiknya proses pengajuan klaim menjadi polemik yang sulit dipecahkan terkadang terjadi masalah-masalah yang menghambat prosedur klaim. Fokus Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana prosedur pengajuan klaim asuransi kendaraan bermotor (OTO) di PT. Asuransi Jasa Indonesia Cabang Jember?, dan (2) Bagaimana proses pengambilan keputusan klaim asuransi kendaraan bermotor (OTO) di PT. Asuransi Jasa Indonesia Cabang Jember? Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui prosedur pengajuan klaim asuransi kendaraan bermotor (OTO) di PT. Asuransi Jasa Indonesia Cabang Jember, dan (2) untuk mengetahui proses pengambilan keputusan klaim asuransi kendaraan bermotor (OTO) di PT. Asuransi Jasa Indonesia Cabang Jember. Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber. Berdasarkan penelitian yang telah peneliti lakukan di PT. Asuransi JASINDO Cabang Jember, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Prosedur pengajuan klaim asuransi kendaraan bermotor (OTO) di PT. Asuransi Jasa Indonesia Cabang Jember yaitu tertanggung harus melaporkan kerugian termasuk kronologi kejadian, membawa dokumen asli polis, sertifikat, lampiran/endorsmen, STNK, BPKB, faktul pembelian, blangko kwitansi dan surat penyerahan hak milik yang sudah ditanda-tangani tertanggung, Surat keterangan kepolisian daerah dalam hal kehilangan, bukti pemblokiran STNK dalam pada saat kejadian dan KTP. (2) Proses pengambilan keputusan klaim asuransi kendaraan bermotor (OTO) di PT. Asuransi Jasa Indonesia Cabang Jember dilakukan beberapa tahap, yaitu perusahaan menerima berkas pengajuan klaim dari nasabah, data yang diterima dimasukkan kedalam sistem CAC (Claim Administrasi Center). Kemudian dilakukan pemeriksaan bukti penutupan berupa polis, endorsement, bukti pembayaran premi, mengisi form klaim dan verivikasi klaim. Kemudian data yang telah terkumpul apabila sesuai maka akan dibuatkan SPK (Surat Perintah Kerja) untuk di bawa ke bengkel rekanan perusahaan. Lalu staf klaim menerima kwitansi dan surat pernyataan puas dari tertanggung apabila kendaraan sudah diperbaiki. Kata kunci: Analisis Pengajuan Klaim, Asuransi JASINDO Cabang Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:26
Last Modified: 07 Mar 2023 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19614

Actions (login required)

View Item View Item