Peran Teman Sebagai Sumber Motivasi Belajar Bagi Siswa Kelas Unggulan di MTs Negeri Banyuwangi II Desa Sumberberas Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2014/2015.

Maghfuri, Ahmad Azhar (2015) Peran Teman Sebagai Sumber Motivasi Belajar Bagi Siswa Kelas Unggulan di MTs Negeri Banyuwangi II Desa Sumberberas Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Azhar Maghfuri_084 091 008.pdf

Download (2MB)

Abstract

Orang tua dan guru merupakan orang yang selalu memberikan motivasi bagi anak didik supaya semangat dalam belajar, tetapi sering kita abaikan bahwa selain orang tua dan guru masih terdapat figure yang memiliki peran tidak kalah penting dari keduanya, yaitu teman. Teman merupakan salah satu unsur lingkungan yang mempunyai peran sangat besar terhadap pembentukan akhlak dan kepribadian siswa. Jika orang tua dan guru memiliki peran mendidik anak didiknya, berbeda dengan teman, teman dapat memberikan peran positif, tetapi juga dapat memberikan peran negatif. Banyak anak didik yang salah dalam bergaul sehingga mereka berperilaku negatif, tetapi banyak pula teman yang berperilaku positif sehingga dapat memotivasi anak didik untuk lebih giat dalam proses belajar. Mengacu pada penjelasan tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti tentang Peran Teman Sebagai Sumber Motivasi Belajar Bagi Siswa Kelas Unggulan di MTs Negeri Banyuwangi II Desa Sumberberas Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2014/2015. Fokus penelitian yang diteliti adalah, 1) Bagaimana peran teman dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik bagi siswa kelas Unggulan di MTs Negeri Banyuwangi II Desa Sumberberas Kec. Muncar Kab. Banyuwangi Tahun Pelajaran 2014/2015? 2) Bagaimana peran teman sebagai sumber motivasi belajar ekstrinsik bagi siswa kelas unggulan di MTs Negeri Banyuwangi II Desa Sumberberas Kec. Muncar Kab. Banyuwangi Tahun Pelajaran 2014/2015? Tujuan dilakukan penelitian ini adalah, 1) Untuk mendeskripsikan peran teman dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik bagi siswa kelas Unggulan di MTs Negeri Banyuwangi II Desa Sumberberas Kec. Muncar Kab. Banyuwangi. 2) Untuk mendeskripsikan peran teman sebagai sumber motivasi belajar ekstrinsik bagi siswa kelas Unggulan di MTs Negeri Banyuwangi II Desa Sumberberas Kec. Muncar Kab. Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif, dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan documenter. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisa dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah: Dalam kelas unggulan teman memang benar-benar memberikan peran dalam meningkatkan motivasi belajar, baik dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik maupun sebagai sumber motivasi belajar ekstrinsik. Motivasi belajar intrinsik meliputi: faktor kebutuhan, faktor cita-cita, faktor kemampuan siswa, faktor kondisi siswa. Sedangkan motivasi belajar ekstrinsik yang diberikan teman meliputi: faktor persaingan/kompetisi dan faktor pujian. Semua peran yang diberikan oleh teman tersebut tentunya tidak lepas dari arahan yang diberikan kepala sekolah, tenaga pendidik dan waka kesiswaan yang mempunyai tugas dan peran masing-masing dalam membantu meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:26
Last Modified: 07 Mar 2023 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19615

Actions (login required)

View Item View Item