Analisis Market Share Pasca Berlakunya POJK Nomor 31/POJK.05/2016 Tentang Usaha Pergadaian Di PT. Pegadaian (Persero) Kantor Area Jember

Tiendhiastika, Anggi Apriani (2019) Analisis Market Share Pasca Berlakunya POJK Nomor 31/POJK.05/2016 Tentang Usaha Pergadaian Di PT. Pegadaian (Persero) Kantor Area Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Anggi Apriani Tiendhiastika_083143208.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kebijakan baru terkait ijin usaha pergadaian memang berpotensi untuk mengurangi pangsa pasar (market share) PT. Pegadaian (Persero) Kantor Area Jember, tetapi PT. Pegadaian (Persero) Kantor Area Jember tetap menjadi penyedia jasa gadai yang memiliki market share terluas di wilayah Jember. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana market share PT. Pegadaian Persero sebelum diberlakukannya POJK Nomor 31 /POJK.05/2016 tentang Usaha Pergadaian di PT. Pegadaian (Persero) Kantor Area Jember? (2) Bagaimana market share PT. Pegadaian Persero sesudah diberlakukannya POJK Nomor 31 /POJK.05/2016 tentang Usaha Pergadaian di PT. Pegadaian (Persero) Kantor Area Jember? (3) Bagaimana strategi yang dilakukan dalam meningkatkan market share di PT. Pegadaian (Persero) Kantor Area Jember? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui market share PT. Pegadaian Persero sebelum diberlakukannya POJK Nomor 31 /POJK.05/2016 tentang Usaha Pergadaian di PT Pegadaian (Persero) Kantor Area Jember. (2) Untuk mengetahui market share PT. Pegadaian Persero sesudah diberlakukannya POJK Nomor 31 /POJK.05/2016 tentang Usaha Pergadaian di PT. Pegadaian (Persero) Kantor Area Jember. (3) Untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam meningkatkan market share di PT. Pegadaian (Persero) Kantor Area Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini melalui dua langkah yaitu deskriptif, dan interpretif. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Market share (pangsa pasar) di PT. Pegadaian (Persero) Kantor Area Jember sebelum diberlakukannya POJK Nomor 31 /POJK.05/2016 mengalami kenaikan sebesar 77% tahun 2015 dan penurunan sebesar 38% tahun 2016. (2) Market share (pangsa pasar) di PT. Pegadaian (Persero) Kantor Area Jember setelah diberlakukannya POJK Nomor 31 /POJK.05/2016 terus mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya. Pada tahun 2017 pangsa pasar naik sebesar 63%, kemudian sebelum akhir tahun 2018 pangsa pasar sudah mencapai 61%. (3) Strategi PT. Pegadaian (Persero) Kantor Area Jember dalam meningkatkan pangsa pasar antara lain: Literasi dan inklusi keuangan, peningkatan pelayanan, bekerjasama dengan pihak eksternal serta melakukan inovasi-inovasi baru yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kata Kunci: Market Share, Pegadaian, POJK

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:24
Last Modified: 07 Mar 2023 07:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19623

Actions (login required)

View Item View Item