Analisis Faktor Sosial Ekonomi pada Permintaan Kredit Modal Kerja di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Mitra Jaya Mandiri Kecamatan Jenggawah.

Safitri, Arini Ika (2019) Analisis Faktor Sosial Ekonomi pada Permintaan Kredit Modal Kerja di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Mitra Jaya Mandiri Kecamatan Jenggawah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Arini Ika Safitri_E20151139.pdf

Download (3MB)

Abstract

Berkembangnya suatu kegiatan perekonomian maka diperlukan sumbersumber penyediaan dana guna membiayai kegiatan usaha yang semakin berkembang. Untuk itu adanya salah satu produk BPR Mitra Jaya Mandiri yaitu kredit modal kerja amat membantu bagi masyarakat yang berwirausaha dan bertani. Setiap jenis kegiatan juga tidak akan terlepas dengan masyarakat sekelilingnya, begitu pun di dalam kegiatan usaha akan selalu mempunyai dampak terhadap masyarakatnya baik yang bersifat positif maupun negatif. Pengaruh sosial ekonomi suatu lingkungan masyarakat ini pun juga dapat memberikan pengaruh pula kepada perusahaan yang bersangkutan. Mengingat pentingnya faktor sosial ekonomi ini terhadap suksesnya suatu kegiatan usaha yang akan dibiayai dengan kredit maka perlu diperhatikan secara seksama. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana keadaan operasional kredit modal kerja pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Mitra Jaya Mandiri Kecamatan Jenggawah? 2) Bagaimana dampak dari faktor sosial ekonomi terhadap permintaan kredit modal kerja pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Mitra Jaya Mandiri Kecamatan Jenggawah? Tujuan utama penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui keadaan operasional kredit modal kerja pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Mitra Jaya Mandiri Kecamatan Jenggawah. Dan mengetahui dampak dari faktor sosial ekonomi terhadap permintaan kredit modal kerja pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Mitra Jaya Mandiri Kecamatan Jenggawah. Untuk mengidentifikasi permasalah tersebut, penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif secara deskriptif dalam menjabarkan sebagian besar isi penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah field research. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan 1) Observasi terus terang atau tersamar. 2) Wawancara tak berstruktur. 3) Dokumentasi. 4) Studi kepustakaan. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menyatakan 1) Kredit modal kerja di BPR Mitra Jaya Mandiri mengalami peningkatan dari tahun ke tahunnya yang diliat dari bertambahnya jumlah pengajuan kredit nasabah yang berarti usaha nasabah tersebut semakin berkembang. 2) Dari beberapa faktor sosial ekonomi dapat diketahui memiliki dampak dalam perrmintaan kredit dikarenakan apabila keadaan ekonomi masyarakat yang semakin meningkat membuat masyarakat melakukan kredit untuk membantu modal awal mereka dalam bewirausaha atau sekedar untuk kredit konsumtif. Dan kredit modal kerja dibutuhkan untuk perputaran modal usaha ataupun pengelolaan lahan masyarakat. Kata kunci: Faktor Sosial Eknomi, Kredit Modal Kerja, Bank Perkreditan Rakyat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150202 Financial Econometrics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:25
Last Modified: 07 Mar 2023 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19627

Actions (login required)

View Item View Item